Pengertian
Bisnis, Laba, dan Pengusaha
·
Bisnis
(Business) adalah aktivitas apapun yang berusaha untuk menyediakan barang
dan jasa kepada pihak-pihak lain saat mengoperasikannya untuk mencapai laba
·
Laba
(Profit) adalah jumlah uang yang diperoleh sebuah bisnis selain dari jumlah
yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya
·
Pengusaha
(Entrepreneur) adalah orang yang mempertaruhkan waktu dan uang untuk
memulai dan mengelola sebuah bisnis
Pengertian
Resiko, Pendapatan, dan Kerugian
·
Resiko
(Risk) adalah peluang seorang pengusaha kehilangan waktu dan uang dalam
sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan
·
Pendapatan
(Revenue) adalah jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu
periode tertentu dengan menjual barang dan jasa
·
Kerugian
(Loss) terjadi di saat biaya-biaya sebuah bisnis melebihi pendapatannya.
Jika sebuah bisnis mengalami kerugian dengan berjalannya waktu, maka bisnis
tersebut harus ditutup yang menyebabkan karyawan-karyawannya kehilangan
pekerjaan
Pengertian
Standar Kehidupan dan Kualitas Kehidupan
·
Standar
Kehidupan (Standard of Living) merujuk pada jumlah barang dan jasa yang
dapat dibeli orang dengan uang yang mereka miliki
·
Kualitas
Kehidupan (Quality of Life) merujuk pada kesejahteraan suatu masyarakat
secara umum dalam hal kebebasan berpolitik, lingkungan hidup alami yang bersih,
pendidikan, perawatan kesehatan, waktu luang dan segala sesuatu yang menuju
pada kepuasan dan kesenangan
Pengertian
Stakeholder
Stakeholder adalah semua orang yang
memperoleh keuntungan atau kerugian dari kebijakan-kebijakan dan aktivitas-aktivitas
suatu perusahaan yang meliputi pelanggan, karyawan, pemegang saham, pemasok,
dealer, dll. Tujuan dari pemimpin bisnisnya adalah mencoba menyeimbangkan
kebutuhan dari seluruh stakeholder dan
masih memperoleh laba
Pengertian
Non profit Organization beserta contohnya
Non Profit Organization adalah suatu
organisasi yang tujuannya tidak mencakup penciptaan laba pribadi bagi pemilik
atau pengelolanya namun seringkali berusaha mencapai keuntungan financial untuk
tujuan sosial. Contohnya yayasan
5 faktor
produksi dalam bisnis
·
Tanah (Sumber Daya Alam)
·
Tenaga kerja
·
Modal (gedung dan mesin-mesin)
·
Kewirausahaan
·
Pengetahuan
5 Unsur
lingkungan bisnis
·
Lingkungan
ekonomi dan hukum : pemerintah dapat mengizinkan kepemilikan bisnis
perorangan dengan peraturan kontrak bisnis yang berlaku di pengadilan,
menciptakan satu mata uang yang dapat diperdagangkan di pasar dunia, membantu
mengurangi korupsi dalam bisnis dan pemerintahan, serta menjaga pajak dan
regulasi pada tingkat minimum
·
Lingkungan
teknologi : teknologi memungkinkan pekerja untuk menjadi lebih efisien,
efektif, dan produktif. Efektif berarti melakukan hal yang benar
dengan cara yang tepat. Efisien
berarti memproduksi barang dengan menggunakan jumlah sumber daya yang paling
sedikit. Produktif berarti jumlah
keluaran yang dihasilkan dengan sejumlah tertentu misalnya jumlah jam kerja.
·
Lingkungan
persaingan : beberapa perusahaan menemukan senjata bersaing dengan focus untuk
menghasilkan produk berkualitas tinggi, menuju cacat nol, dan juga berusaha
untuk melebihi harapan pelanggan
·
Lingkungan
sosial : populasi yang beragam menantang bisnis untuk dapat mengelola
angkatan kerja yang beragam untuk merespons basis pelanggan yang beragam
·
Lingkungan
bisnis global : perdagangan dunia yang ditandai dengan persaingan
internasional dan perdangangan bebas antar bangsa telah memperbaiki standar
hidup di seluruh dunia.
Pengertian
ekonomi dan dua cabang utama ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari
bagaimana masyarakat memilih untuk menggunakan sumber daya untuk menghasilkan
barang dan jas serta mendistribusikannya untuk dikonsumsi diantara beragam
kelompok dan individu bersaing. Dua cabang utama ekonomi :
·
Ekonomi
Makro adalah bagian dari ekonomi yang melihat pada beroperasinya ekonomi
sebuah bangsa sebagai satu keseluruhan
·
Ekonomi
Mikro adalah bagian dari ekonomi yang melihat pada perilaku orang dan
organisasi dalam pasar tertentu
Penjelasan
ekonomi sebagai alokasi sumber daya langka
Mereka
meyakini bahwa sumber daya adalah langka dan perlu dibagi secara teliti
diantara orang-orang, biasanya oleh pemerintah. Perkembangan sumber daya adalah
ilmu yang mempelajari mengenai cara untuk meningkatkan sumber daya dan untuk
menciptakan kondisi yang akan menggunakan sumber daya tersebut lebih baik
Teori Adam Smith (Ekonomi)
Adam Smith
mempercayai bahwa kebebasan adalah vital untuk kelangsungan hidup ekonomi mana
pun, khususnya kebebasan untuk memiliki tanah atau property dan kebebasan untuk
menerima laba dan memperkerjakan tanah tersebut atau menjalankan sebuah bisnis.
Ia percaya bahwa orang akan bekerja keras dalam jam kerja lebih panjang.
Teori Malthus (Ekonomi)
Malthus mempercayai bahwa pertambahan penduduk tidak cukup untuk
berlangsungnya pembangunan ekonomi, bahkan pertambahan penduduk dianggap
sebagai akibat dari proses pembangunan. Kebalikan dari teori adam smith
Perbedaan
Kapitalisme dan Sosialisme
·
Kapitalisme
adalah sebuah sistem ekonomi dimana semua atau sebagian besar cara produksi
dan distribusi dimiliki oleh swasta dan dioperasikan untuk mendapatkan
keuntungan
·
Sosialisme
adalah sebuah sistem ekonomi yang berdasarkan pada pemikiran bahwa beberapa
bisnis seharusnya dimiliki oleh pemerintah dan menciptakan kesetaraan sosial
yang lebih besar
4 hak dasar
yang dimiliki rakyat dibawah kapitalisme
·
Hak untuk memiliki property
·
Hak untuk memiliki bisnis dan menerima semua
laba bisnis tersebut setelah dikurangi pajak
·
Hak terhadap kebebasan untuk bersaing
·
Hak terhadap kebebasan pilihan
4 tingkat
persaingan yang berbeda
·
Persaingan
Sempurna terjadi ketika banyak penjual dalam suatu pasar dan tidak ada
penjual yang cukup besar untuk mendikte harga sebuah produk
·
Persaingan
Monopolistik terjadi ketika sejumlah besar penjual memproduksi produk yang
sangat serupa, tetapi dianggap berbeda oleh pembeli oleh karena itu kuncinya
adalah melakukan diferensiasi
·
OIigopoli
adalah bentuk persaingan yang hanya terdapat sedikit penjual yang mendominasi
pasar
·
Monopoli
terjadi ketika hanya terdapat satu penjual untuk sebuah produk dan jasa.
Pengertian
perdagangan global dan pro perdagangan bebas
·
Perdagangan
Global memungkinkan sebuah Negara untuk memproduksi apa yang paling mampu
diproduksinya dan membeli apa yang dibutuhkannya dari Negara lain dalam
hubungan pertukaran yang saling menguntungkan
·
Pro
Perdagangan Bebas adalah produktivitas tumbuh ketuka mereka mempunyai
keunggulan komperatif, persaingan global membuat harga tetap murah, perdagangan
bebas menginspirasi inovasi untuk produk baru, aliran modal yang tidak terputus
Teori
Keunggulan Kompetitif dan Keunggulan Absolut
·
Teori
Keunggulan Kompetitif berpendapat bahwa suatu Negara harus membuat dan
kemudian menjual produk yang dapat diproduksinya secara paling efisien tetapi
membeli produk yang tidak dapat diproduksinya secara efisien
·
Teori
Keunggulan Absolut bahwa suatu Negara memiliki monopoli pada produk
tertentu atau dapat memproduksi produk tersebut secara lebih efisien
dibandingkan Negara lainnya
Cara
perusahaan dapat berpartisipasi dalam perdagangan dunia
·
Lisensi :
strategi global dimana perusahaan mengizinkan sebuah perusahaan asing untuk
memproduksi atau memanufaktur produknya dengan imbalan sejumlah biaya.
·
Mengekspor
·
Waralaba
: sebuah perjanjian dimana seseorang dengan ide bagus untuk bisnis menjual
hak untuk menggunakan mana bisnis tersebut dan menjual produk dan jasa kepada
orang lain di suatu teritori tertentu dengan cara tertentu
·
Melakukan
Manufaktur Kontrak : sebuah perusahaan asing yang memproduksi barang
berlabel swasta yang mana sebuah perusahaan domestk kemudian menempelkan nama
merek sendiri ke barang tersebut
·
Ventura
bersama : hubungan rekanan di mana dua perusahaan atau lebih bergabung
unutk melakukan sebuah proyek
·
Aliansi
Strategis : hubungan rekanan jangka panjang antara dua perusahan atau lebih
yang dibentuk untuk membantu setiap perusahaan membangun keunggulan pasar
kompetitif
·
Investasi
Asing Langsung : pembelian property dan bisnis permanen di Negara asing
Rintangan
potensial terhadap perdagangan dunia
·
Kekuatan
sosiokultural : para pelaku bisnis mempunyai reputasi buruk dalam
beradaptasi pada perbedaan cultural antar Negara karena mereka menerapkan
kultur sendiri lebih unggul
·
Kekuatan
ekonomi dan financial : pelaku bisnis menilai aktivitas ekonomi sangat
mempengaruhi penghasilan dan daya beli konsumen suatu Negara.
·
Kekuatan
legal dan regulasi : bisnis diharuskan mengikuti hukum dan regulasi agar
membantu perusahaan melakukan penetrasi
pasar dan menghindari rintangan birokrasi dan masalah hukum
·
Kekuatan
fisik dan lingkungan : batasan teknologi dapat menimbulkan kesulitan
membangnu distribusi pasar global
Pengertian
etika secara umum dan beberapa manajer
·
Etika
adalah standar perilaku bermoral yaitu perilaku yang diterima oleh masyarakat
·
Beberapa
manajer menyebutkan bahwa etika adalah isu individual yang tidak
berhubungan dengan manajemen karena mereka tidak bertanggung jawab untuk
kelakuan buruk individual sementara yang lainnya percaya bahwa etika sangat
berhubungan dengan manajemen karena individu biasanya tidak bertindak sendiri
Pengertian Kode
Etika
Kode Etika dapat didefinisikan sebagai berbasis kepatuhan
atau berbasis integritas. Bila kode etika berbasis kepatuhan berkenaan dengan
penghindaran hukuman legal, kode etika berbasis integritas mendefinisikan
nilai-nilai panduan organisasi utnuk menciptakan lingkungan yang mendukung
perilaku etis yang baik dan menekankan akuntabilitas bersama diantara karyawan
Pengertian
CSR dan 4 tanggung jawab bisnis
Corporate Social Responsibility adalah
perhatian yang dimiliki bisnis setiap kesejahteraan masyarakat. 4 tanggung
jawab bisnis
·
Tanggung jawab bisnis kepada pelanggan untuk
memuaskan mereka dengan barang dan jasa yang bernilai nyata
·
Bisnis bertanggung jawab untuk mendapatkan uang
bagi para investornya
·
Bisnis mempunyai sejumlah tanggung jawab
terhadap karyawan seperti menciptakan pekerjaan, memelihara keselamatan kerja,
dan memastikan bahwa kerja keras dan bakat dihargai secara pantas
·
Bisnis mempunyai sejumlah tanggung jawab
terhadap masyarakat dan lingkungan seperti untuk menciptakan kemakmuran baru,
meningkatak keadilan sosial, dan berkontribusi untuk membuat lingkungannya
menjadi tempat lebih baik
Kunci Sukses
Dalam Memulai Sebuah Bisnis Baru
Kunci Sukses Dalam Memulai Sebuah Bisnis
Baru adalah memahami bagaimana mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan,
mungkin harus mencari rekanan atau menemukan cara lain untuk mendapatkan uang.
Untuk bertahan dalam bisnis, dibutuhkan bantuan dari seseorang dengan keahlian
lebih.
Keuntungan dan
Kerugian perusahaan kepemilikan tunggal
Keuntungan :
·
Kemudahan untuk memulai dan mengakhiri
·
Menjadi atasan anda sendiri
·
Kebanggaan atas kepemilikan
·
Hak milik atas laba
·
Tidak ada pajak khusus
Kerugian :
·
Kewajiban yang tidak terbatas
·
Sumber daya financial yang terbatas
·
Kesulitan dalam manajemen
·
Komitmen waktu yang besar
·
Tunjangan sampingan yang sedikit
·
Pertumbuhan yang terbatas
·
Rentang hidup yang terbatas
Pengertian
Pemilik umum dan 3 Elemen penting dari perusahaan rekanan umum
Pemilik Umum adalah pemilik yang
mempunyai kewajiban tidak terbatas dan aktif dalam mengelola perusahaan.
Kewajiban tidak terbatas berarti bahwa pemilik tunggal dan pemilik umum harus
membayar semua utang dan kerugian yang disebabkan oleh bisnis mereka. 3 elemen
penting adalah
·
Kepemilikan bersama
·
Pembagian laba dan rugi
·
Hak untuk berpartisipasi dalam mengelola bisnis
Keuntungan
dan Kerugian dari perusahaan rekanan
Keuntungan :
·
Lebih banyak sumber dana financial
·
Pembagian manajemen dan penggabungan pengetahuan
·
Daya hidup yang ebih lama
Kerugian :
·
Kewajiban tidak terbatas
·
Pembagian laba
·
Perselisihan antar pemilik
·
Kesulitan pembubaran
Pengertian
Pewaralaba, Terwalaba, serta keuntungan dan kerugian waralaba
·
Pewaralaba
(Franchisor) adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan konsep produk dan
menjual kepada orang lain hak untuk membuat dan menjual produk tertentu
·
Terwaralaba
(Franchisee) adalah orang yang membeli waralaba
Keuntungan Waralaba
·
Bantuan manajemen dan pemasaran
·
Kepemilikan pribadi
·
Nama dan reputasi yang dikenal secara nasional
·
Sebuah sistem manajemen yang terbukti
·
Nasihat dan bimbingan financial
Kerugian Waralaba
·
Biaya waralaba yang tinggi
·
Regulasi manajerial
·
Laba yang dibagi
·
Regulasi manajemen
·
Menularnya pengaruh merugikan jikwa waralaba
yang lain gagal
Pengertian
Kewirausahaan dan sifat wirausaha yang berhasil
Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah
menerima resiko untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Terdapat banyak alasan
mengapa orang bersedia mengambil resiko kewirausahaan diantaranya adalah
memperoleh laba, kemerdekaan, kesempatan, dan tantangan. Sifat wirausaha yang
berhasil :
·
Memerintah
Diri. Sebagai atasan sendiri, secara sepenuhnya nyaman dan berdisiplin diri
serta bertanggung jawab untuk keberhasilan atau kegagalan
·
Memelihara
Diri. Harus percaya pada gagasan yang dibuat meskipun tidak seorang pun
percaya
·
Berorientasi
Tindakan. Ide bisnis besar saja tidak cukup, hal yang paling penting adalah
keinginan membara untuk mengaktualisasikan dan membangun mimpi menjadi
kenyataan
·
Penuh
Semangat. Secara emosional, mental, dan fisik mampu bekerja lama dank eras
·
Toleran
terhadap ketidakpastian. Kewirausahaan bukanlah untuk mereka yang
memilih-milih atau menginginkan rasa aman
Petunjuk
pada seseorang yang ingin belajar memulai bisnis kecil
·
Belajar dari orang lain melalui kursus dan
berbicara dengan beberapa pemilik bisnis kecil
·
Dapatkan pengalaman dengan bekerja untuk orang
lain selama tiga tahun dalam bisnis yang sebanding
·
Ambil alih sebuah perusahaan yang berhasil
melalui pembagian laba yang mana terlibat sebagai pengelola bisnis atau membeli
bisnis
·
Pelajari teknik-teknik manajemen bisnis kecil
yang mutakhir meliputi penggunaan computer utnuk hal-hal seperti daftar gaji, control
persediaan, dan mailing list
Mengenal
fungsi bisnis dalam situasi bisnis kecil
·
Memulai
dengan perencanaan. Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan
terperinci tertulis yang mendeskripsikan sifat bisnis, pasar sasaran, keuntungan
yang akan dimiliki bisnis tersebut dalam hal kompetisi, sumber daya dan
persyaratan dari pemilik
·
Mendanai
Bisnis. Seorang wirausahaan mempunyai beberapa sumber modal potensial
berupa tabungan pribadi, bank, perusahaan pendanaan (kreditur), dan investor
pemodal ventura
·
Mengenal
pelanggan. Cara untuk mendapatkan pelanggan adalah mengenal pelanggan lebih
baik, menawarkan kualitas produk pada harga yang pantas dengan layanan yang
responsif
·
Mengelola
karyawan. Tidak mungkin bagi wirausahawan untuk memantau setiap perincian
tugas. Maka dari itu dibtuuhkan karyawan dengan merekrut,melatih,memotivasi,dan
mempromosikannya
·
Membuat
catatan(akuntan). Akuntan dapat membantu untuk memutuskan apakah harus
membeli atau menyewa peralatan, peramalan financial, pemilihan sumber
pendanaan, pencatatan kemajuan harian dari bisnis
Cara
Pemanufaktur untuk menjadi lebih kompetitif
·
Menekankan hubungan yang dekat dengan pemasok
dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
·
Pengembangan yang kontinu
·
Focus pada kualitas
·
Pemilihan tempat
·
Internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
·
Teknik-teknik produksi seperti perencanaan
sumber perusahaan, manufaktur computer yang terintegrasi, manufaktur yang
fleksibel, dan manufaktur yang ramping
Pengertian
Pemasaran dan 3 bagian dari konsep pemasaran
Pemasaran adalah proses menentukan
keinginan dan kebutuhan pelanggan yang terus berubah dan kemudian memberi
pelanggan barang dan jasa yang memenuhi atau melebihi harapan mereka. 3 bagian
dari konsep pemasaran
·
Orientasi
Pelanggan : menemukan apa yang diinginkan konsumen dan menyediakan bagi
mereka daripada promosi penjualan
·
Orientasi
Jasa : pastikan semua orang dalam organisasi harus memiliki sikap dan
perilaku yang berorientasi pada keputusan pelanggan
·
Orientasi
Laba : focus pada barang dan jasa yang akan menghasilkan laba terbanyak
sehingga organisasi bisa melayani lebih banyak pelanggan
Bagian dari
Pemasaran dan proses pemasaran
Bagian dari pemasaran à
4P (Product, Place, Price, Promotion)
Proses Pemasaran à(Menemukan
peluang à
melakukan penelitian à
mengidentifikasi pasar sasaran à
merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan penelitian à melakukan pengujian
produk à
menentukan nama merek, merancang kemasan dan menentukan harga à memilih sistem
distribusi à
merancang program promosional à
membangun hubungan dengan pelanggan)
4
Klasifikasi barang dan jasa konsumsi
·
Barang dan jasa sehari-hari (memerlukan usaha
belanja minimal )
·
Barang dan jasa perbelanjaan (barang yang untuk
memperolehnya orang mau mencari dan membandingkannya harga dan kualitas)
·
Barang dan jasa khusus (karena produk dianggap
tidak memiliki barang pengganti yang sesuai)
·
Barang dan jasa tidak terduga (produk-produk
yang tidak disadari keberadaannya oleh konsumen, tidak terpikir untuk membelinya,
atau tiba-tiba dibutuhkan untuk memecahkan masalah)
Tujuan dari
penentuan harga
·
Mencapai laba sasaran
·
Membangun arus lalu lintas barang seperti yang
terjadi di pasar swalayan dengan mengiklankan barang pada harga modal
·
Meningkatkan pangsa psar yang lebih besar dengan
cicilan dan suku bunga yang rendah
·
Menciptakan sebuah citra dengan menetapkan harga
tinggi untuk memberikan citra eksklusif dan status
·
Mencapai tujuan-tujuan sosial
Pengertian
Promosi beserta 4 alat promosi
Promosi adalah usaha yang dilakukan
para pemasar untuk menginformasikan dan mengingatkan orang dalam pasar sasaran
mengenai produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam suatu pertukaran. 4
alat promosi adalah
·
Iklan
·
Penjualan personal
·
Hubungan masyarakat
·
Promosi penjualan
Jenis iklan
yang digunakan perusahaan untuk menjangkau sasaran pasar
·
Iklan ritel seperti pasar swalayan
·
Iklan perdagangan yakni iklan kepada perantara
baik grosir dan ritel oleh produsen
·
Iklan bisnis ke bisnis seperti pemasok baterai
mobil pada produsen mobil
·
Iklan institusi seperti I love Jakarta Clean
·
Iklan produk seperti iklan sabun, iklan produksi
seperti iklan hari gini korupsi?
·
Iklan komparatif seperti iklan coca-cola versus
pepsi
·
Iklan online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar