Kamis, 12 Desember 2013

UAS Pengantar Manajemen dan Bisnis (2012)

Pengertian Bisnis, Laba, dan Pengusaha
·         Bisnis (Business) adalah aktivitas apapun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain saat mengoperasikannya untuk mencapai laba
·         Laba (Profit) adalah jumlah uang yang diperoleh sebuah bisnis selain dari jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya
·         Pengusaha (Entrepreneur) adalah orang yang mempertaruhkan waktu dan uang untuk memulai dan mengelola sebuah bisnis

Pengertian Resiko, Pendapatan, dan Kerugian
·         Resiko (Risk) adalah peluang seorang pengusaha kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan
·         Pendapatan (Revenue) adalah jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa
·         Kerugian (Loss) terjadi di saat biaya-biaya sebuah bisnis melebihi pendapatannya. Jika sebuah bisnis mengalami kerugian dengan berjalannya waktu, maka bisnis tersebut harus ditutup yang menyebabkan karyawan-karyawannya kehilangan pekerjaan

Pengertian Standar Kehidupan dan Kualitas Kehidupan
·         Standar Kehidupan (Standard of Living) merujuk pada jumlah barang dan jasa yang dapat dibeli orang dengan uang yang mereka miliki
·         Kualitas Kehidupan (Quality of Life) merujuk pada kesejahteraan suatu masyarakat secara umum dalam hal kebebasan berpolitik, lingkungan hidup alami yang bersih, pendidikan, perawatan kesehatan, waktu luang dan segala sesuatu yang menuju pada kepuasan dan kesenangan

Pengertian Stakeholder
Stakeholder adalah semua orang yang memperoleh keuntungan atau kerugian dari kebijakan-kebijakan dan aktivitas-aktivitas suatu perusahaan yang meliputi pelanggan, karyawan, pemegang saham, pemasok, dealer, dll. Tujuan dari pemimpin bisnisnya adalah mencoba menyeimbangkan kebutuhan dari seluruh stakeholder  dan masih memperoleh laba

Pengertian Non profit Organization beserta contohnya
Non Profit Organization adalah suatu organisasi yang tujuannya tidak mencakup penciptaan laba pribadi bagi pemilik atau pengelolanya namun seringkali berusaha mencapai keuntungan financial untuk tujuan sosial. Contohnya yayasan

5 faktor produksi dalam bisnis
·         Tanah (Sumber Daya Alam)
·         Tenaga kerja
·         Modal (gedung dan mesin-mesin)
·         Kewirausahaan
·         Pengetahuan

5 Unsur lingkungan bisnis
·         Lingkungan ekonomi dan hukum : pemerintah dapat mengizinkan kepemilikan bisnis perorangan dengan peraturan kontrak bisnis yang berlaku di pengadilan, menciptakan satu mata uang yang dapat diperdagangkan di pasar dunia, membantu mengurangi korupsi dalam bisnis dan pemerintahan, serta menjaga pajak dan regulasi pada tingkat minimum
·         Lingkungan teknologi : teknologi memungkinkan pekerja untuk menjadi lebih efisien, efektif, dan produktif. Efektif berarti melakukan hal yang benar dengan cara yang tepat. Efisien berarti memproduksi barang dengan menggunakan jumlah sumber daya yang paling sedikit. Produktif berarti jumlah keluaran yang dihasilkan dengan sejumlah tertentu misalnya jumlah jam kerja.
·         Lingkungan persaingan : beberapa perusahaan menemukan senjata bersaing dengan focus untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, menuju cacat nol, dan juga berusaha untuk melebihi harapan pelanggan
·         Lingkungan sosial : populasi yang beragam menantang bisnis untuk dapat mengelola angkatan kerja yang beragam untuk merespons basis pelanggan yang beragam
·         Lingkungan bisnis global : perdagangan dunia yang ditandai dengan persaingan internasional dan perdangangan bebas antar bangsa telah memperbaiki standar hidup di seluruh dunia.

Pengertian ekonomi dan dua cabang utama ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat memilih untuk menggunakan sumber daya untuk menghasilkan barang dan jas serta mendistribusikannya untuk dikonsumsi diantara beragam kelompok dan individu bersaing. Dua cabang utama ekonomi :
·         Ekonomi Makro adalah bagian dari ekonomi yang melihat pada beroperasinya ekonomi sebuah bangsa sebagai satu keseluruhan
·         Ekonomi Mikro adalah bagian dari ekonomi yang melihat pada perilaku orang dan organisasi dalam pasar tertentu

Penjelasan ekonomi sebagai alokasi sumber daya langka
Mereka meyakini bahwa sumber daya adalah langka dan perlu dibagi secara teliti diantara orang-orang, biasanya oleh pemerintah. Perkembangan sumber daya adalah ilmu yang mempelajari mengenai cara untuk meningkatkan sumber daya dan untuk menciptakan kondisi yang akan menggunakan sumber daya tersebut lebih baik

Teori Adam Smith (Ekonomi)
Adam Smith mempercayai bahwa kebebasan adalah vital untuk kelangsungan hidup ekonomi mana pun, khususnya kebebasan untuk memiliki tanah atau property dan kebebasan untuk menerima laba dan memperkerjakan tanah tersebut atau menjalankan sebuah bisnis. Ia percaya bahwa orang akan bekerja keras dalam jam kerja lebih panjang.

Teori Malthus (Ekonomi)
Malthus mempercayai bahwa pertambahan penduduk tidak cukup untuk berlangsungnya pembangunan ekonomi, bahkan pertambahan penduduk dianggap sebagai akibat dari proses pembangunan. Kebalikan dari teori adam smith

Perbedaan Kapitalisme dan Sosialisme
·         Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dimana semua atau sebagian besar cara produksi dan distribusi dimiliki oleh swasta dan dioperasikan untuk mendapatkan keuntungan
·         Sosialisme adalah sebuah sistem ekonomi yang berdasarkan pada pemikiran bahwa beberapa bisnis seharusnya dimiliki oleh pemerintah dan menciptakan kesetaraan sosial yang lebih besar

4 hak dasar yang dimiliki rakyat dibawah kapitalisme
·         Hak untuk memiliki property
·         Hak untuk memiliki bisnis dan menerima semua laba bisnis tersebut setelah dikurangi pajak
·         Hak terhadap kebebasan untuk bersaing
·         Hak terhadap kebebasan pilihan

4 tingkat persaingan yang berbeda
·         Persaingan Sempurna terjadi ketika banyak penjual dalam suatu pasar dan tidak ada penjual yang cukup besar untuk mendikte harga sebuah produk
·         Persaingan Monopolistik terjadi ketika sejumlah besar penjual memproduksi produk yang sangat serupa, tetapi dianggap berbeda oleh pembeli oleh karena itu kuncinya adalah melakukan diferensiasi
·         OIigopoli adalah bentuk persaingan yang hanya terdapat sedikit penjual yang mendominasi pasar
·         Monopoli terjadi ketika hanya terdapat satu penjual untuk sebuah produk dan jasa.

Pengertian perdagangan global dan pro perdagangan bebas
·         Perdagangan Global memungkinkan sebuah Negara untuk memproduksi apa yang paling mampu diproduksinya dan membeli apa yang dibutuhkannya dari Negara lain dalam hubungan pertukaran yang saling menguntungkan
·         Pro Perdagangan Bebas adalah produktivitas tumbuh ketuka mereka mempunyai keunggulan komperatif, persaingan global membuat harga tetap murah, perdagangan bebas menginspirasi inovasi untuk produk baru, aliran modal yang tidak terputus

Teori Keunggulan Kompetitif dan Keunggulan Absolut
·         Teori Keunggulan Kompetitif berpendapat bahwa suatu Negara harus membuat dan kemudian menjual produk yang dapat diproduksinya secara paling efisien tetapi membeli produk yang tidak dapat diproduksinya secara efisien
·         Teori Keunggulan Absolut bahwa suatu Negara memiliki monopoli pada produk tertentu atau dapat memproduksi produk tersebut secara lebih efisien dibandingkan Negara lainnya
               
Cara perusahaan dapat berpartisipasi dalam perdagangan dunia
·         Lisensi : strategi global dimana perusahaan mengizinkan sebuah perusahaan asing untuk memproduksi atau memanufaktur produknya dengan imbalan sejumlah biaya.
·         Mengekspor
·         Waralaba : sebuah perjanjian dimana seseorang dengan ide bagus untuk bisnis menjual hak untuk menggunakan mana bisnis tersebut dan menjual produk dan jasa kepada orang lain di suatu teritori tertentu dengan cara tertentu
·         Melakukan Manufaktur Kontrak : sebuah perusahaan asing yang memproduksi barang berlabel swasta yang mana sebuah perusahaan domestk kemudian menempelkan nama merek sendiri ke barang tersebut
·         Ventura bersama : hubungan rekanan di mana dua perusahaan atau lebih bergabung unutk melakukan sebuah proyek
·         Aliansi Strategis : hubungan rekanan jangka panjang antara dua perusahan atau lebih yang dibentuk untuk membantu setiap perusahaan membangun keunggulan pasar kompetitif
·         Investasi Asing Langsung : pembelian property dan bisnis permanen di Negara asing

Rintangan potensial terhadap perdagangan dunia
·         Kekuatan sosiokultural : para pelaku bisnis mempunyai reputasi buruk dalam beradaptasi pada perbedaan cultural antar Negara karena mereka menerapkan kultur sendiri lebih unggul
·         Kekuatan ekonomi dan financial : pelaku bisnis menilai aktivitas ekonomi sangat mempengaruhi penghasilan dan daya beli konsumen suatu Negara.
·         Kekuatan legal dan regulasi : bisnis diharuskan mengikuti hukum dan regulasi agar membantu perusahaan  melakukan penetrasi pasar dan menghindari rintangan birokrasi dan masalah hukum
·         Kekuatan fisik dan lingkungan : batasan teknologi dapat menimbulkan kesulitan membangnu distribusi pasar global

Pengertian etika secara umum dan beberapa manajer
·         Etika adalah standar perilaku bermoral yaitu perilaku yang diterima oleh masyarakat
·         Beberapa manajer menyebutkan bahwa etika adalah isu individual yang tidak berhubungan dengan manajemen karena mereka tidak bertanggung jawab untuk kelakuan buruk individual sementara yang lainnya percaya bahwa etika sangat berhubungan dengan manajemen karena individu biasanya tidak bertindak sendiri

Pengertian Kode Etika
Kode Etika  dapat didefinisikan sebagai berbasis kepatuhan atau berbasis integritas. Bila kode etika berbasis kepatuhan berkenaan dengan penghindaran hukuman legal, kode etika berbasis integritas mendefinisikan nilai-nilai panduan organisasi utnuk menciptakan lingkungan yang mendukung perilaku etis yang baik dan menekankan akuntabilitas bersama diantara karyawan

Pengertian CSR dan 4 tanggung jawab bisnis
Corporate Social Responsibility adalah perhatian yang dimiliki bisnis setiap kesejahteraan masyarakat. 4 tanggung jawab bisnis
·         Tanggung jawab bisnis kepada pelanggan untuk memuaskan mereka dengan barang dan jasa yang bernilai nyata
·         Bisnis bertanggung jawab untuk mendapatkan uang bagi para investornya
·         Bisnis mempunyai sejumlah tanggung jawab terhadap karyawan seperti menciptakan pekerjaan, memelihara keselamatan kerja, dan memastikan bahwa kerja keras dan bakat dihargai secara pantas
·         Bisnis mempunyai sejumlah tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan seperti untuk menciptakan kemakmuran baru, meningkatak keadilan sosial, dan berkontribusi untuk membuat lingkungannya menjadi tempat lebih baik

Kunci Sukses Dalam Memulai Sebuah Bisnis Baru
Kunci Sukses Dalam Memulai Sebuah Bisnis Baru adalah memahami bagaimana mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan, mungkin harus mencari rekanan atau menemukan cara lain untuk mendapatkan uang. Untuk bertahan dalam bisnis, dibutuhkan bantuan dari seseorang dengan keahlian lebih.

Keuntungan dan Kerugian perusahaan kepemilikan tunggal
Keuntungan :
·         Kemudahan untuk memulai dan mengakhiri
·         Menjadi atasan anda sendiri
·         Kebanggaan atas kepemilikan
·         Hak milik atas laba
·         Tidak ada pajak khusus
Kerugian :
·         Kewajiban yang tidak terbatas
·         Sumber daya financial yang terbatas
·         Kesulitan dalam manajemen
·         Komitmen waktu yang besar
·         Tunjangan sampingan yang sedikit
·         Pertumbuhan yang terbatas
·         Rentang hidup yang terbatas

Pengertian Pemilik umum dan 3 Elemen penting dari perusahaan rekanan umum
Pemilik Umum adalah pemilik yang mempunyai kewajiban tidak terbatas dan aktif dalam mengelola perusahaan. Kewajiban tidak terbatas berarti bahwa pemilik tunggal dan pemilik umum harus membayar semua utang dan kerugian yang disebabkan oleh bisnis mereka. 3 elemen penting adalah
·         Kepemilikan bersama
·         Pembagian laba dan rugi
·         Hak untuk berpartisipasi dalam mengelola bisnis

Keuntungan dan Kerugian dari perusahaan rekanan
Keuntungan :
·         Lebih banyak sumber dana financial
·         Pembagian manajemen dan penggabungan pengetahuan
·         Daya hidup yang ebih lama
Kerugian :
·         Kewajiban tidak terbatas
·         Pembagian laba
·         Perselisihan antar pemilik
·         Kesulitan pembubaran

Pengertian Pewaralaba, Terwalaba, serta keuntungan dan kerugian waralaba
·         Pewaralaba (Franchisor) adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan konsep produk dan menjual kepada orang lain hak untuk membuat dan menjual produk tertentu
·         Terwaralaba (Franchisee) adalah orang yang membeli waralaba

Keuntungan Waralaba
·         Bantuan manajemen dan pemasaran
·         Kepemilikan pribadi
·         Nama dan reputasi yang dikenal secara nasional
·         Sebuah sistem manajemen yang  terbukti
·         Nasihat dan bimbingan financial
Kerugian Waralaba
·         Biaya waralaba yang tinggi
·         Regulasi manajerial
·         Laba yang dibagi
·         Regulasi manajemen
·         Menularnya pengaruh merugikan jikwa waralaba yang lain gagal

Pengertian Kewirausahaan dan sifat wirausaha yang berhasil
Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah menerima resiko untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Terdapat banyak alasan mengapa orang bersedia mengambil resiko kewirausahaan diantaranya adalah memperoleh laba, kemerdekaan, kesempatan, dan tantangan. Sifat wirausaha yang berhasil :
·         Memerintah Diri. Sebagai atasan sendiri, secara sepenuhnya nyaman dan berdisiplin diri serta bertanggung jawab untuk keberhasilan atau kegagalan
·         Memelihara Diri. Harus percaya pada gagasan yang dibuat meskipun tidak seorang pun percaya
·         Berorientasi Tindakan. Ide bisnis besar saja tidak cukup, hal yang paling penting adalah keinginan membara untuk mengaktualisasikan dan membangun mimpi menjadi kenyataan
·         Penuh Semangat. Secara emosional, mental, dan fisik mampu bekerja lama dank eras
·         Toleran terhadap ketidakpastian. Kewirausahaan bukanlah untuk mereka yang memilih-milih atau menginginkan rasa aman

Petunjuk pada seseorang yang ingin belajar memulai bisnis kecil
·         Belajar dari orang lain melalui kursus dan berbicara dengan beberapa pemilik bisnis kecil
·         Dapatkan pengalaman dengan bekerja untuk orang lain selama tiga tahun dalam bisnis yang sebanding
·         Ambil alih sebuah perusahaan yang berhasil melalui pembagian laba yang mana terlibat sebagai pengelola bisnis atau membeli bisnis
·         Pelajari teknik-teknik manajemen bisnis kecil yang mutakhir meliputi penggunaan computer utnuk hal-hal seperti daftar gaji, control persediaan, dan mailing list

Mengenal fungsi bisnis dalam situasi bisnis kecil
·         Memulai dengan perencanaan. Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan terperinci tertulis yang mendeskripsikan sifat bisnis, pasar sasaran, keuntungan yang akan dimiliki bisnis tersebut dalam hal kompetisi, sumber daya dan persyaratan dari pemilik
·         Mendanai Bisnis. Seorang wirausahaan mempunyai beberapa sumber modal potensial berupa tabungan pribadi, bank, perusahaan pendanaan (kreditur), dan investor pemodal ventura
·         Mengenal pelanggan. Cara untuk mendapatkan pelanggan adalah mengenal pelanggan lebih baik, menawarkan kualitas produk pada harga yang pantas dengan layanan yang responsif
·         Mengelola karyawan. Tidak mungkin bagi wirausahawan untuk memantau setiap perincian tugas. Maka dari itu dibtuuhkan karyawan dengan merekrut,melatih,memotivasi,dan mempromosikannya
·         Membuat catatan(akuntan). Akuntan dapat membantu untuk memutuskan apakah harus membeli atau menyewa peralatan, peramalan financial, pemilihan sumber pendanaan, pencatatan kemajuan harian dari bisnis

Cara Pemanufaktur untuk menjadi lebih kompetitif
·         Menekankan hubungan yang dekat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
·         Pengembangan yang kontinu
·         Focus pada kualitas
·         Pemilihan tempat
·         Internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
·         Teknik-teknik produksi seperti perencanaan sumber perusahaan, manufaktur computer yang terintegrasi, manufaktur yang fleksibel, dan manufaktur yang ramping

Pengertian Pemasaran dan 3 bagian dari konsep pemasaran
Pemasaran adalah proses menentukan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang terus berubah dan kemudian memberi pelanggan barang dan jasa yang memenuhi atau melebihi harapan mereka. 3 bagian dari konsep pemasaran
·         Orientasi Pelanggan : menemukan apa yang diinginkan konsumen dan menyediakan bagi mereka daripada promosi penjualan
·         Orientasi Jasa : pastikan semua orang dalam organisasi harus memiliki sikap dan perilaku yang berorientasi pada keputusan pelanggan
·         Orientasi Laba : focus pada barang dan jasa yang akan menghasilkan laba terbanyak sehingga organisasi bisa melayani lebih banyak pelanggan

Bagian dari Pemasaran dan proses pemasaran
Bagian dari pemasaran à 4P (Product, Place, Price, Promotion)
Proses Pemasaran à(Menemukan peluang à melakukan penelitian à mengidentifikasi pasar sasaran à merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan penelitian à melakukan pengujian produk à menentukan nama merek, merancang kemasan dan menentukan harga à memilih sistem distribusi à merancang program promosional à membangun hubungan dengan pelanggan)

4 Klasifikasi barang dan jasa konsumsi
·         Barang dan jasa sehari-hari (memerlukan usaha belanja minimal )
·         Barang dan jasa perbelanjaan (barang yang untuk memperolehnya orang mau mencari dan membandingkannya harga dan kualitas)
·         Barang dan jasa khusus (karena produk dianggap tidak memiliki barang pengganti yang sesuai)
·         Barang dan jasa tidak terduga (produk-produk yang tidak disadari keberadaannya oleh konsumen, tidak terpikir untuk membelinya, atau tiba-tiba dibutuhkan untuk memecahkan masalah)

Tujuan dari penentuan harga
·         Mencapai laba sasaran
·         Membangun arus lalu lintas barang seperti yang terjadi di pasar swalayan dengan mengiklankan barang pada harga modal
·         Meningkatkan pangsa psar yang lebih besar dengan cicilan dan suku bunga yang rendah
·         Menciptakan sebuah citra dengan menetapkan harga tinggi untuk memberikan citra eksklusif dan status
·         Mencapai tujuan-tujuan sosial

Pengertian Promosi beserta 4 alat promosi
Promosi adalah usaha yang dilakukan para pemasar untuk menginformasikan dan mengingatkan orang dalam pasar sasaran mengenai produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam suatu pertukaran. 4 alat promosi adalah
·         Iklan
·         Penjualan personal
·         Hubungan masyarakat
·         Promosi penjualan

Jenis iklan yang digunakan perusahaan untuk menjangkau sasaran pasar
·         Iklan ritel seperti pasar swalayan
·         Iklan perdagangan yakni iklan kepada perantara baik grosir dan ritel oleh produsen
·         Iklan bisnis ke bisnis seperti pemasok baterai mobil pada produsen mobil
·         Iklan institusi seperti I love Jakarta Clean
·         Iklan produk seperti iklan sabun, iklan produksi seperti iklan hari gini korupsi?
·         Iklan komparatif seperti iklan coca-cola versus pepsi
·         Iklan online


Tidak ada komentar:

Posting Komentar