Rabu, 11 Desember 2013

UAS Konsep Sistem Informasi (2012) Multipaper

Faktor Yang Menyebabkan Sulitnya Mengelola Data
·         Jumlah datanya meningkat secara eksponensial
·         Data tersebar dan dikumpulkan oleh banyak individu dengan menggunakan berbagai metode dan alat
·         Data berasal dari berbagai sumber
·         Keamanan data, kualitas data, dan integritas yang sangat penting

Siklus Hidup Data
Data life cycle dimulai dari data collection. Kemudian, data disimpan di database dan diolah untuk memenuhi format data warehouse atau data marts. Pengguna kemudian mengakses data dari data warehouse atau data marts untuk analisis. Hasilnya semua aktivitas merupakan generasi decision support dan knowledge

Data Hierarchy
Bit : unit terkecil dari data computer yang dapat memproses. Terdiri dari 0 atau 1
Byte : sekelompok 8 bit. Bisa berupa huruf, angka, maupun simbol
Field : pengelompokkan logis dari karakter ke dalam kata
Record : pengelompokkan logis dari banyak fields
File : pengelompokkan logis dari banyak records
Database : pengelompokkan logis dari banyak file

Pengertian DBMS dan contoh software
Database Management System (DBMS) adalah kumpulan program yang menyediakan para pengguna dengan peralatan untuk menambahkan, menghapus, mengakses dan meneliti data menyimpan dalam suatu lokasi. Contoh software adalah SQL, MySQL, Oracle

Kelebihan DBMS (Database Approach)
Memperkecil permasalahan :
·         Data Redudancy : data yang sama disimpan di banyak tempat
·         Data Isolation : suatu aplikasi tidak bisa mengakses data yang berhubungan dengan aplikasi lain
·         Data Inconsistency : berbagai salinan data yang tidak sesuai

Memaksimalkan permasalahan :
·         Data Security
·         Data Integrity
·         Data Independence : aplikasi dan data tidak terikat pada satu sama lain, semua aplikasi, bisa mengakses data yang sama

Pengertian Data Warehouse dan ciri-cirinya
Data Warehouse adalah tempat penyimpanan data historis yang terorganisir dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat diakses dalam aktivitas pembuat pendukung keputusan di dalam suatu perusahaan. Ciri-cirinya adalah :
·         Diselenggarakan oleh dimensi bisnis atau subjek. Data diolah oleh subjek dan mengandung informasi yang relevan kepada decision support dan data analysis
·         Bersifat konsisten. Data didalam database yang berbeda-beda mesti dicodekan dengan berbeda juga
·         Bersifat historical. Data disimpan selama beberapa tahun jadi pengguna dapat digunakan untuk tren, forecasting, dan membuat perbandingan dari waktu ke waktu

Pengertian Knowledge dan jenis Knowledge
Knowledge adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal yang muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Dua jenis Knowledge :
·         Explicit Knowledge : bentuk pengetahuan yang dapat diungkapkan dengan kata-kata dan angka, disebarkan dalam bentuk data, spesifikasi, dan buku petunjuk yang sudah terdokumentasi, mudah disimpan, diperbanyak, dan disebarluaskan dan dipelajari. Cth : manual, buku laporan
·         Tacit Knowledge : bentuk pengetahuan yang sifatnya sangat personal dan sulit diformulasikan sehingga sulit dikomunikasikan kepada orang lain dan masih tersimpan di dalam pikiran manusia. Cth : persepsi, cara berpikir, wawasan

Pengertian KMS
Knowledge Management System adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari didalam perusahaan

Tahap Knowledge Management System Cycle

·         Create : menentukan cara baru dalam melakukan sesuatu atau mengembangkan metode
·         Capture : mengidentifikasikan nilainya dan disajikan dengan cara yang logis
·         Refine : membuatnya dapat ditindaklanjuti
·         Store : menyimpan dalam suatu format yang logis atau layak
·         Manage : memverifikasikan apakah tetap akurat atau relevant
·         Disseminate : tersedia bagi yang membutuhkan dimana saja dan kapan saja

Dua Tipe dari Jaringan (Network)
·         Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan berbagai peralatan komunikasi didalam suatu daerah geografis yang terbatas
·         Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang meliput area geografis yang luas secara khusus menghubungkan berbagai LAN

Topologi Jaringan LAN
·         Bintang (Star) merupakan semua node jaringan yang menghubungkan ke computer tunggal yang secara khusus disebut file server
·         Bus merupakan semua node jaringan menghubungkan kepada bus, yang merupakan saluran komunikasi tunggal, seperti kabel twisted-pair, kabel koaksial, atau kabel fiber optic
·         Cincin (Ring) merupakan suatu node jaringan dihubungkan ke node jaringan disebelahnya untuk membentuk suatu pengulangan tertutup

Pengertian Search Engine dan Metasearch Engine beserta contohnya
·         Search Engine adalah program computer yang mencari informasi yang spesifik dengan menggunakan keywords dan melaporkan hasilnya yang mengelola jutaan web pages. Contohnya www.google.com www.yahoo.com www.ask.com
·         Metasearch Engine adalah program computer yang mencari beberapa engine sekaligus dan mengintegrasikan temuan dari berbagai engine untuk menjawab query yang dipost kepada pengguna. Contohnya www.surfwax.com www.metacrawler.com www.dogpile.com

Perbedaan antara e-learning dan distance learning
·         E-Learning mengacu pada pembelajaran yang didukung melalui web yang mengambil virtual classroom biasanya tidak menggantikan belajar dikelas, tetapi meningkatkannya dengan memanfaatkan teknologi isi dan pengiriman yang baru
·         Distance Learning merupakan bagian dari E-Learning dimana pembelajaran jarak jauh merujuk pada situasi belajar yang dengan pengajar dan mahasiswa tidak bertemu secara langsung

Pengertian Telecommuting
Telecommuting adalah pengaturan kerja dimana karyawan bekerja dirumah, di tempat pelanggan, di tempat kerja khusus, atau saat berpergian, biasanya menggunakan computer terhubung ke tempat kerja. Kelebihannya adalah mengurangi stress dan meningkatkan family life.

Perbedaan E-Business dan E-Commerce
·         E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan, transfer, atau penukaran produk, layanan atau informasi melalui jaringan computer termasuk internet
·         E-Business adalah definisi yang lebih luas dari E-Commerce yang meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa dan juga pelayanan pelanggan, kerjasama dengan mitra bisnis pelaksanaan e-learning dan pelaksanaan transaksi elektronik dalam perusahaan

Bentuk dari E-Commerce
·         Pure E-Commerce yaitu perusahaan yang hanya terlibat di dalam E-Commerce yaitu perusahaan yang produk, proses dan pelaku pengirimnya semua berbasis digital. Contohnya perusahaan virtual
·         Partial E-Commerce yaitu perusahaan yang melakukan beberapa aktivitas E-Commerce tetapi bisnis utamanya dilakukan dalam dunia fisik. Contohnya perusahaan brick dan mortar

Jenis atau tipe E-Commerce
·         Business-to-Consumer (B2C) merupakan E-Commerce yang penjualannya adalah perusahaan dan pembelinya adalah perorangan
·         Business-to-Business (B2B) merupakan E-Commerce yang penjual dan pembelinya adalah perusahaan
·         Consumer-to-Consumer (C2C) merupakan E-Commerce dimana seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain
·         Business-to-Employee (B2E) merupakan E-Commerce dimana perusahaan menggunakan E-Commerce secara internal untuk memperbaiki operasinya yaitu kondisi khusus E-Commerce dimana perusahaan memberikan produk atau jasa ke karyawannya
·         E-Government merupakan E-Commerce dimana pemerintah menyediakan layanan kepada warganya melalu berbagai teknologi E-Commerce
·         M-Commerce merupakan E-Commerce yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel seperti menggunakan telepon seluler untuk mengakses internet dan belanja
·         Business Model merupakan metode perusahaan untuk menghasilkan pendapatan agar dapat mempertahankan dirinya

Manfaaat E-Commerce
·         Bagi Perusahaan à ketersediaan pasar nasional dan internasional; penurunan biaya pemrosesan, distribusi, dan penarikan informasi
·         Bagi Pelanggan à akses ke sejumlah produk dan jasa 24 jam sehari dalam seminggu
·         Bagi Masyarakat à kemampuan dengan mudah dan nyaman memberikan layanan informasi serta berbagai produk ke orang-orang kota, di desa, dan berbagai Negara berkembang

Keterbatasan E-Commerce
·         Teknologi à kurangnya standar keamanan yang diterima secara universal; bandwith telekomunikasi yang tidak cukup; mahalnya akses
·         Non Teknologi à persepsi bahwa E-Commerce tidak aman; Segi hukumnya yang belum lengkap; kurangnya penjual dan pembeli besar yang terlibat

Pengertian Wireless Devices berserta contohnya
Wireless Devices adalah teknologi yang cukup kecil sehingga mudah untuk membawanya atau memakainya, mempunyai tenaga yang cukup untuk komputasi, untuk melaksanakan tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan peralatan lainnya. Contohnya adalah smartphone

Pengertian Mobile Computing dan Pervasive Computing
·         Mobile Computing adalah kombinasi peralatan mobile yang digunakan dalam lingkungan nirkabel yang memungkinkan koneksi langsung antara peralatan mobile dan lingkungan komputasi lainnya seperti internet atau intranet
·         Pervasive Computing adalah komputasi yang tidak kelihatan ditempelkan pada objek di sekitar kita seperti lantai, lampu mobil, mesin cuci, microwave, oven, dan seterusnya. Contohnya rumah cerdas

Pengertian WAP
Wireless Application Protocol adalah serangkaian protocol komunikasi yang memungkinkan berbagai peralatan nirkabel untuk menghubungkan server yang diinstalasi ke jaringan mobile dengan memori minimal untuk mengakses layanan informasi berbasis Web

Pengertian Wi-Fi
Wireless Fidelity adalah teknologi nirkabel yang dapat mentransmisikan informasi dengan kecepatan 11 megabyte/detik dalam jarak berkisar 300 kaki

Pengertian RFID
Radio Frequency Identification adalah istilah umum untuk teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk secara otomatis mengidentifikasi barang tertentu yang dilengkapi dengan label yang berisi processor dan antenna

Mengapa Manager membutuhkan Dukungan IT
·         Kunci dari pengambilan keputusan yang baik adalah menggali dan membandingkan berbagai alternatif yang relevan. Semakin banyak alternatif yang ada semakin banyak pencarian dengan bantuan komputer dan perbandingan yang dibutuhkan.
·         Biasanya keputusan harus dibuat dibawah tekanan waktu. Sering kali tidak mungkin untuk memproses informasi yang dibutuhkan secara manual untuk mendapatkan hasil yang cepat dan efektif.
·         Biasanya perlu untuk melakukan analisis yang canggih untuk dapat membuat keputusan yang baik. Analisis semacam ini memerlukan penggunaan model.
·         Pembuat keputusan dapat berada dilokasi yang berbeda – beda demikian juga dengan informasi. Membawa semuanya dengan cepat dan hemat dapat menjadi tugas yang sulit.

Pengertian DSS beserta kemampuannya
Decision Support System adalah sistem informasi berbasis computer yang menggabungkan model dan data guna menyelesaikan masalah semi terstruktur dan beberapa masalah tak terstruktur dengan keterlibatan pengguna secara luas. Kemampuannya adalah
  • Analisis Sensitivitas adalah studi mengenai dampak dari perubahan pada satu atau beberapa bagian dari suatu model terhadap bagian lainnya.
  • Analisis What-if adalah studi mengenai dampak suatu perubahan dalam asumsi (data yang dimasukkan) pada solusi yang diusulkan.
  • Analisis Pencarian Tujuan adalah studi yang berusaha mencari nilai masukkan yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat hasil yang diharapkan.

Pengertian Data Mining dan Digital Dashboards
·         Data Mining adalah proses mencari informasi bisnis yang bernilai dalam database skala besar, data warehouse, atau data mart
·         Digital Dashboards adalah business intelligent system  yang menyediakan  rapid access untuk informasi yang tepat waktu dan akses langsung ke laporan manajemen

Pengertian AI dan BI
·         Artificial Intelligence adalah istilah yang menjelaskan berbagai aplikasi komersial dari kecerdasan buatan
·         Business Intelligence adalah sistem informasi yang membantu manajer dalam pengambilan keputusan dengan memungkinkan luas, analisis user-driven data melalu berbagai teknik modelling, atau menyediakan akses dengan mudah, intuitif untuk informasi secara terstruktur

Pengertian Expert System beserta komponennya
Expert System adalah usaha untuk meniru seorang ahli dengan menerapkan metodologi penalaran atau pengetahuan dalam bidang tertentu. Komponennya adalah :
·         Knowledge Base berisi pengetahuan yang diperlukan untuk memahami, merumuskan dan menyelesaikan masalah.
·         Inference Engine adalah program komputer yang menyediakan metodologi untuk penalaran dan perumusan kesimpulan.
·         User Interface memungkinkan dialog antara pengguna dengan komputer
·         BlackBoard adalah area memori kerja yang dialokasikan untuk deskripsi masalah saat ini seperti yang ditentukan oleh data masukan.
·         Explanation Subsystem dapat menelusuri tanggung jawab untuk mencapai kesimpulan dan menjelaskan perilaku Sistem Ahli.

Pengertian Natural Language Processing, Natural Language Generation, dan Neural Networks
n  Natural Language Processing - NLP adalah komunikasi dengan komputer dalam bahasa inggris atau dengan bahasa yang anda gunakan.
n  Natural Language Understanding adalah kemampuan komputer untuk memahami instruksi yang diberikan oleh bahasa biasa melalui keyboard atau suara.
n  Natural language generation adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk memproduksi bahasa biasa dengan suara atau dilayar agar orang dapat memahami komputer dengan lebih mudah.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Proyek dan proses manajemen proyek
Sistem Informasi Manajemen Proyek adalah usaha yang diarahkan untuk merencanakan, mengatur dan mengelola sumber daya untuk membawa tentang pencapaian sukses tujuan IS. Proses manajemen proyek adalah :
       Inisiasi proyek: mendefinisikan masalahnya bahwa proyek ini adalah dimaksudkan untuk memecahkan dan tujuan bahwa proyek ini adalah untuk mencapai.
       Perencanaan proyek: menentukan kapan  proyek  akan dijadwalkan, tingkat kualitas apa yang harus dijaga & anggaran apa yang diperlukan
       Pelaksanaan proyek: melaksanakan pekerjaan yang didefinisikan dalam rencana pengelolaan proyek yang dilakukan untuk persyaratan mencapai proyek.
        Monitoring dan kontrol proyek : menentukan apakah proyek berjalan sesuai rencana.
       Penyelesaian proyek: project selesai ketika secara resmi diterima oleh organisasi.

Triple Constraint dalam manajemen proyek
       Time merujuk pada jendela tanggung jawab dimana proyek harus selesai untuk memberikan keuntungan kepada perusahaan
       Cost merujuk pada jumlah dari resources termasuk kas dan tenaga kerja dimana perusahaan dapat menyelesaikan proyek
       Scope merujuk pada proses kebutuhan untuk memastikan bahwa proyek terdiri dari semua kebutuhan kerja, dan hanya pekerja yang diperlukan, untuk menyelesaikan proyek secara sukses

Bagaimana proses IT planning bekerja

IT planning mulai dengan meninjau rencana strategis perusahaan. Rencana strategis perusahaan dan IT architecture yang ada menyediakan input dalam pengembangan IT strategic plan, yang dimana mendeskripsikan IT architecture dan inisiatif utama IS yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. IT strategic plan juga membutuhkan IT architecture yang baru, atau IT architecture yang ada mungkin cukup. Dalam kedua kasus, IT strategic plan mengarah ke IS operational plan, dimana merupakan satu set yang jelas dari proyek yang akan dijalankan oleh IT/IS department dan oleh functional area managers mendukung IT strategic plan

Tahap SDLC beserta kelebihan dan kekurangan
Tahap System Development Life Cycle

       System Investigation : penelitian yang mengukur probabilitas keberhasilan proyek yang diusulkan dan memberikan penilaian kasar mengenai kelayakan proyek tersebut
       System Analysis : proses mempelajari berbagai masalah bisnis yang direncanakan perusahaan dapat diatasi melalui sistem informasi
       System Design : Menjelaskan bagaimana sistem tersebut akan melakukan pekerjaan tersebut.
       Programming : melibatkan penerjemahan spesifikasi desain ke dalam kode computer
       Testing : melihat apakah kode komputer akan memberikan hasil yang diperkirakan dan diinginkan dibawah kondisi tertentu
       Implementation : proses konversi dari sistem lama ke sistem baru
       Operation : menilai kemampuan sistem dan menentukan apakah sistem tersebut digunakan dengan benar
       Maintenance : Pembaruan sistem untuk mengakomodasi berbagai perubahan dalam bisnis

Kelebihan dari SDLC adalah :
q  Pengendalian
q  Tanggung-Jawab
q  Pendeteksian Kesalahan
Kelemahan dari SDLC adalah :
q  Secara relatif Tidak fleksibel
q   Mahal dan memakan waktu

q   Menimbulkan rasa takut terhadap perubahan  ketika kebutuhan pemakai dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar