Tahap-tahap
Globalisasi
·
Globalisasi
1.0 (tahun 1942 sampai 1800)
Berapa banyaknya muscle, tenaga kuda, tenaga angin,
atau aliran listrik yang dimiliki oleh Negara dan bisa menyebarkan ke semua
penduduknya
·
Globaliasai
2.0 (tahun 1800 sampai 2000)
Kekuatan dibalik globalisasi adalah perusahaan
multinasional yaitu perusahaan yang mempunyai markas besar pada satu Negara tapi
beroperasi di beberapa Negara. Pada babak pertama era ini, globalisasi didorong
oleh jatuhnya harga transportasi, dihasilkan oleh pengembangan mesin uap dan
beban rel. Pada babak kedua era ini, globalisasi didorong oleh jatuhnya biaya
komunikasi hasil dari telegram, telepon, computer, satelit, kabel serat optic,
dan internet serta World Wide Web. Ekonomi global mulai muncul pada era ini
·
Globalisasi
3.0 (tahun 2000 sampai sekarang)
Pada era ini, kita masuk dalam globalisasi 3.0 yang
dimana didorong oleh konvergensi dari sepuluh pasukan yang dimana sosok
Friedman menyebutkan “flatteners”. Di era 3.0 ini, platform berbasis web telah
muncul.
Perbedaan antara data, informasi, dan pengetahuan
·
Data
adalah kumpulan mentah dari beberapa fakta yang belum memiliki arti
·
Informasi
adalah data yang telah diolah sehingga memiliki arti dan berguna bagi para
pemakai akhir atau end user
·
Pengetahuan
adalah informasi yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan
Perbedaan
antara Information Technology Architecture dan Information Technology
Infrastructure
·
Information
Technology Architecture adalah high level map atau plan dari asset informasi
dari organisasi yang mengitegrasi kebutuhan informasi dari seluruh organisasi
dan semua pengguna atau users beserta semua aplikasi
·
Information
Technology Infrastructure adalah fasilitas fisik, komponen IT, pelayanan
IT, dan manajemen IT yang mendukung kegiatan organisasi
Keunggulan kompetitif adalah keuntungan
yang didapatkan diatas para pesaing dalam pengukuran biaya, kualitas, dan kecepatan
memimpin kendali atas pangsa pasar dan memperoleh lebih banyak keuntungan
daripada keuntungan rata-rata
3 strategi
dalam keunggulan kompetitif
·
Cost
Leadership adlaah memproduksi barang atau jasa dengan harga yang paling
rendah dalam industry tersebut
·
Differentiation
adalah menawarkan produk, jasa, dan fitur barang yang berbeda
·
Innovation
adalah memperkenalkan produk dan jasa baru, menambahkan fitur pada barang atau
jasa yang telah ada atau mengembangkan cara baru untuk memproduksinya
Business Pressure adalah lingkungan
bisnis yang merupakan kombinasi dari faktor sosial, hokum, ekonomi, fisik, dan
politik yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.
3 macam business
pressure :
·
Market
pressure : ekonomi global dan kompetisi yang kuat, perubahan dalam angkatan
kerja, dan konsumen yang kuat
·
Technology
pressure : inovasi dan keusangan teknologi dan kelebihan informasi
·
Social
pressure : tanggung jawab sosial, peraturan dan kebebasan hukum pemerintah,
perlindungan dari serangan teroris, dan masalah etika
Tipe-tipe Sistem Informasi
·
Hardware
adalah perangkat seperti prosessor, monitor, keyboard, dan printer yang
menerima data dan informasi, memproses, dan memperlihatkan
·
Software adalah
program atau koleksi dari program yang memungkinkan hardware untuk memproses
data
·
Data
adalah koleksi dari beberapa file atau tabel
·
Network adalah
penghubung sistem baik wireline atau wireless yang mengizinkan beberapa computer
untuk membagi sumber
·
Procedures
adalah instruksi tentang bagaimana menggabungkan komponen hardware software
data dan network untuk memproses informasi dan menghasilkan output
·
People
adalah individu yang menggunakan hardware dan software, tatap muka dengannya
atau menggunakan output yang dihasilkan
Application Program adalah program computer
yang mendukung tugas yang spesifik atau proses bisnis
Mengapa
Sistem Informasi sangat penting bagi organisasi
dan masyarakat?
·
Karena IT
mengurangi jumlah Middle Manager. IT membuat seorang manajer lebih
produktif, dan meningkatkan jumlah karyawan yang dapat melaporkan ke satu
manajer sehingga tidak perlu banyak mempunyai manajer
·
Karena IT
akan mengubah pekerjaan Manager. Salah satu hal yang paling penting dalam
tugas manajer adalah mengambil keputusan oleh karena itu IT cenderung
mengurangi waktu untuk menyelesaikan tahap-tahap membuat keputusan
·
Akankah
pekerjaan dapat dieliminasi? Beberapa orang percaya bahwa masyarakat menuju
yang lebih tinggi dengan menggunakan IT untuk membuat pekerjaan yang baru
seperti rekam medis elektronik dan nanoteknologi yang dapat menekankan angka
pengangguran
·
IT memberikan dampak pada karyawan. Seperti dampak
pada kesehatan dan keselamatan karyawan dan juga menyediakan tanggung jawab
bagi penyandang cacat dengan mengitegrasikan speech (berbicara), dan kemampuan
pengenalan visi
·
IT
menyediakan perbaikan kualitas hidup.IT dapat menyediakan bagi karyawan
dengan fleksibilitas yang dapat memperbaiki kualitas waktu luangnya secara
signifikan.
Porter
Competitive Forces Model
·
Ancaman
dari competitor baru. Kompetitor baru akan masuk ke dalam pasar akan tinggi
ketika dia masuk dengan mudah dan juga rendah ketika hambatan yang secara
signifikan untuk masuk ada
·
Daya
tawar menawar supplier. Kekuatan supplier tinggi ketika pembeli hanya
memiliki sedikit pilhan dari yang dia beli dan juga rendah ketika pembeli
memiliki banyak pilihan dari dia yang beli
·
Daya
tawar menawar pembeli. Kekuatan pembeli tinggi ketika pembeli banyak memilih
produk yang dia inginkan dan juga rendah ketika pembeli sedikit memilih produk
yang dia inginkan
·
Ancaman
dari barang pengganti. Jika ada banyak barang pengganti dari organisasi
maka ancamannya tinggi dan juga rendah ketika ada sedikit barang pengganti dari
organisasi
·
Ancaman
dari pesaing yang telah ada dalam industry yang sama. Ancaman dari pesaing
tinggi ketika adanya kompetisi yang intens diantara banyak perusahaan di industry
dan juga rendah ketika kompetisi diantara sedikit perusahaan tidak intens.
Komputer
Hirarki (terbesar sampai terkecil)
·
Supercomputer
adalah computer dengan ketersediaan processing power yang besar yang biasanya
digunakan pada penelitian atau bersifat sains serta militer untuk mengakses
data yang lebih besar
·
Mainframe
adalah computer yang relative besar yang digunakan untuk perusahaan untuk
aplikasi berbasis komputasi ekstensif yang bisa diakses oleh ribuan user
·
Workstation
adalah computer yang berukuran desktop besar yang dapat menjalankan komputasi
secara intensif dalam bidang sains, teknik, dan aplikasi keuangan
·
Mikrokomputer
adalah computer terkecil dan kategori termahal yang biasa disebut micros,
personal computer atau PCs
·
Mikrokontroller
adalah sebuah chip computer tertanam yang biasanya biayanya sedikit dan bekerja
di aplikasi yang kurang menuntut daripada microprocessor
CPU (Central Processor Unit) adalah
hardware yang melakukan pekerjaan computer secara terpusat didalam setiap computer
Cara kerja
CPU
·
Input terdiri dari data dan petunjuk singkat
tentang apa yang harus dilakukan dengan data. Instruksi tersebut datang dari
software di bagian lain dari computer. Data masuk dari user melalui keyboard
contohnya membaca dari file data di bagian lain dari computer. Inputnya
disimpan dalam register sampai dikirim ke tahap selanjutnya di dalam processing
·
Data dan instruksi mengalir di dalam chip
melalui jalur listrik yang disebut busses yang menentukan berapa banyak
informasi mengalir setiap waktu
·
Control unit mengarahkan aliran data dan
instruksi beserta chipnya
·
Arithmetic Logic Unit (ALU) menerima data dan
instruksi dari register dan membuat komputasi yang diinginkan. Data dan
instruksi tersebut diterjemahkan oleh binary form. CPU dapat memproses hanya
binary data
·
Data pada bentuk aslinya dan instruksi dikirim
ke penyimpanan register dan kemudian dikirim kembali ke tempat penyimpanan
diluar chip seperti computer hard drive. Sedangkan, data ditransformasikan ke
register lainnya dan kemudian pada bagian lain dari computer.
Hirarki
kapasitas memori
·
Kilobyte : 1000 bytes
·
Megabyte : 1 juta bytes
·
Gigabyte : 1 milyar bytes
·
Terabyte : 1 trililiun bytes
·
Petabyte : 1000 terabyte
·
Exabyte : 1000 petabyte
·
Zettabyte : 1000 exabyte
Perbedaan
Sistem Software dan Application Software
·
Sistem
Software adalah software yang mengatur sumber hardware di sistem computer yang
fungsinya diantara hardware dan application software. Sistem software terdiri
dari Sistem control programs (multitasking, multithreading, multiprocessing) dan
sistem support programs
·
Application
Software adalah software yang memungkinkan pengguna atau user untuk
melakukan pekerjaan spesifik dan aktivitas proses informasi. Application
software terdiri dari spreadsheets (Microsoft excel), word processing (Microsoft
word), Desktop publishing (Microsoft Publisher), Data Management (Microsoft
Access), Presentation (Microsoft PowerPoint), Graphics (Adobe PhotoShop), dan
lain-lain
Fungsi dari
Sistem Operasi adalah untuk mengelola sumber daya computer seperti jadwal dan
aplikasi yang berjalan, mengelola dan melindungi memori, mengelola fungsi input
dan output seta hardware, mengelola data dan file, dan lain-lain
Perbedaan
HTML (Hypertext Markup Language) dan XML (Extensible Markup Language)
· HTML (Hypertext
Markup Language) adalah standar dari bahasa pemrograman yang digunakan oleh
Web untuk membuat dan mengenali dokumen hypertext
·
XML
(Extensible Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk
meningkatkan fungsi dari web dokumen dengan menyediakan lebih fleksibel dan
beradaptasi dalam mengidentifikasi data
Perbedaan
Multitasking, multithreading, dan multiprocessing
·
Multitasking
adalah sistem yang mengelola dua atau lebih tugas atau program, menjalankan
secara bersama-sama dalam sistem computer (satu CPU)
·
Multithreading
adalah sumber dari multitasking yang menjalankan banyak tugas dalam satu
aplikasi
·
Multiprocessing
adalah pengolahan lebih dari satu program secara serentak dari tugas mereka ke
prosessor yang berbeda (Multiple CPUs)
3 segmen
melibatkan Supply Chain
·
Upstream =
manager Supply Chain memilih supplier untuk mengirimkan barang dan jasa
kebutuhan perusahaan untuk memproduksi produk mereka. Kemudian manager
mengembangkan proses harga, pengiriman, dan pembayaran antara supplier dan
perusahaan.
·
Internal =
manager Supply Chain menjadwalkan aktivitas untuk produksi, testing,
pengemasan, dan menyiapkan barang yang siap dikirimkan. Manager Supply Chain
juga memonitoring (memantau) quality levels, produksi output, dan produktivitas
pekerja
·
Downstream
= manager Supply Chain mengkoordinasikan penerimaan order dari customer,
mengembangkan jaringan warehouse, memilih operator untuk mengirimkan produk ke
customer, dan mengembangkan sistem faktur untuk menerima pembayaran dari
customer
Pengertian
Supply Chain Management (SCM) beserta tujuan
·
Supply
Chain Management (SCM) adalah
seperangkat pendekatan fungsi perencanaan, pengorganisasian, serta
pengoptimaslisasian proses aliran
material, informasi, pelayanan, dan uang dari supplier, manufaktur, warehouse,
retailer, hingga customer sedemikian rupa hingga barang dagangan dapat
diproduksi dan disalurkan didalam kuantitas yang tepat ke tempat yang benar
pada waktu yang tepat dengan tujuan untuk meminimalkan biaya saat tingkat
servis yang memuaskan dibutuhkan.
·
Tujuannya dalah untuk mengurangi gesekan
sepanjang supply chain yang melibatkan waktu, biaya, dan persediaan serta
penurunan kepuasaan customer dan juga mengurangi ketidakpastian dan resiko
dengan menurunkan inventory levels dan cycle time dan meningkatkan business
process dan pelayanan customer
Permasalahan
yang terjadi di dalam Supply Chain Management (SCM)
·
Rendahnya Kualitas pelayanan customer
·
Rendahnya kualitas produk
·
Tingginya biaya inventory
·
Kehilangan pendapatan/keuntungan
·
Teknologi Baru
5 kategori
dari ancaman Sistem Informasi
·
Tindakan
yang tidak disengaja (Unintentional Acts) terdiri dari Human errors,
penyimpangan dalam kualitas layanan oleh penyedia layanan, dan bahaya
lingkungan. Pada human errors yang biasa sering terjadi seperti karyawan yang
masuk area yang khusus atau area yang karyawan tidak boleh masuk sehingga dapat
mengakses, menyimpan, memodifikasi, serta menyebarkan informasi ke pihak luar
atau pihak yang tidak terkait. Kemudian pada penyimpangan dalam kualitas
layanan oleh penyedia layanan merupakan situasi dimana barang atau jasa tidak
dikirimkan ke perusahaan seperti yang diharapkan. Serta bahaya lingkungan
seperti kotoran, debu, dan kelembaban yang mengganggu keamanan operasi
peralatan computer
·
Bencana
Alam (Natural Disaster) terdiri dari banjir, gempa bumi, tornado, petir
yang dapat menyebabkan hilangnya sistem dan data
·
Kegagalan
Teknis (Technical Failures) terdiri dari masalah hardware yang rusak dari
drive hard disk serta masalah software yang error yang biasanya disebut bugs
·
Kegagalan
Pengelolaan (Management Failures) melibatkan kurangnya dana untuk upaya
keamanan informasi dan kurangnya minat dalam upaya-upaya
·
Tindakan
disengaja (Deliberate Acts) seperti pelanggaran, pemerasan informasi,
sabotase atau vandalisme, pencurian peralatan atau informasi, pencurian
identitas, dan software attack
Perbedaan
Virus, Worm, dan Trojan Horse
·
Virus adalah
segmen kode computer yang melakukan tindakan kejahatan dengan menempelkan pada
program computer lain
·
Worm
adalah segmen kode computer yang melakukan tindakan berbahaya dengan
mereplikasi, mengembangkan dan menyebarkan ke satu computer
·
Trojan
Horse adalah program software yang menyembunyikan di program computer lain
dan memperlihatkan rancangannya ketika mereka diaktifkan
Pengertian
Transaction Processing System (TPS), Functional Area Information System (FAIS),
dan Enterprise Resource Planning (ERP)
·
Transaction
Processing System (TPS) adalah proses memonitor, mengoleksi, menyimpan, dan
memproses data yang dihasilkan dari seluruh aktivitas bisnis
·
Functional
Area Information System (FAIS) adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi
ke manager di area fungsional dalam rangka mendukung tugas-tugas manajerial
dari planning, organizing, and controlling operations
·
Enterprise
Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang mengambil pandangan proses
bisnis dari organisasi secara keseluruhan untuk mengintegrasikan perencanaan,
manajemen, dan penggunaan semua sumber daya organisasi, menggunakan platform
software yang umum dan database
Pengertian
Customer Relationship Management (CRM) beserta komponennya
·
Customer
Relationship Management (CRM) adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan
untuk berinteraksi, memperkenalkan diri, dan mempertahankan customer mereka.
Komponennya adalah customer-facing application dan customer-touching
application
·
Customer-facing
application adalah wilayah dimana customer dapat berinteraksi dengan
perusahaan melibatkan customer service dan support, sales force automation,
marketing, dan campaign management
·
Customer-touching
application adalah teknologi dengan mana customer berinteraksi dan menolong
customer itu sendiri melibatkan pencarian dan perbandingan kemampuan, teknis
dan informasi dan layanan lainnya
Perbandingan
Cross Selling, Up Selling, dan Bundling
·
Cross
Selling adalah praktek pemasaran produk-produk terkait tambahan kepada
pelanggan berdasarkan pembelian sebelumnya. Contohnya (www.amazon.com)
·
Up
Selling adalah strategi pemasaran dimana orang bisnis akan menyediakan
tanggung jawab customer utnuk membeli barang atau jasa bernilai tinggi daripada
barang atau jasa awalnya. Contohnya, membeli TV dengan 1080i High Defintion
dengan non HD TV
·
Bundling adalah
bentuk cross selling dimana orang bisnis menjual kelompok barang atau jasa
secara bersama-sama dengan harga yang rendah daripada menggabungkan
masing-masing barang atau jasa. Contohnya membeli kabel yang sudah termasuk
basic cable TV, broadband internet access, dan local telephone
Tidak ada komentar:
Posting Komentar