Senin, 11 November 2013

UTS Konsep Sistem Informasi (2012)

Tahap-tahap Globalisasi
·         Globalisasi 1.0 (tahun 1942 sampai 1800)
Berapa banyaknya muscle, tenaga kuda, tenaga angin, atau aliran listrik yang dimiliki oleh Negara dan bisa menyebarkan ke semua penduduknya

·         Globaliasai 2.0 (tahun 1800 sampai 2000)
Kekuatan dibalik globalisasi adalah perusahaan multinasional yaitu perusahaan yang mempunyai markas besar pada satu Negara tapi beroperasi di beberapa Negara. Pada babak pertama era ini, globalisasi didorong oleh jatuhnya harga transportasi, dihasilkan oleh pengembangan mesin uap dan beban rel. Pada babak kedua era ini, globalisasi didorong oleh jatuhnya biaya komunikasi hasil dari telegram, telepon, computer, satelit, kabel serat optic, dan internet serta World Wide Web. Ekonomi global mulai muncul pada era ini

·         Globalisasi 3.0 (tahun 2000 sampai sekarang)
Pada era ini, kita masuk dalam globalisasi 3.0 yang dimana didorong oleh konvergensi dari sepuluh pasukan yang dimana sosok Friedman menyebutkan “flatteners”. Di era 3.0 ini, platform berbasis web telah muncul.

Perbedaan antara data, informasi, dan pengetahuan
·         Data adalah kumpulan mentah dari beberapa fakta yang belum memiliki arti
·         Informasi adalah data yang telah diolah sehingga memiliki arti dan berguna bagi para pemakai akhir atau end user
·         Pengetahuan adalah informasi yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan

Perbedaan antara Information Technology Architecture dan Information Technology Infrastructure
·         Information Technology Architecture adalah high level map atau plan dari asset informasi dari organisasi yang mengitegrasi kebutuhan informasi dari seluruh organisasi dan semua pengguna atau users beserta semua aplikasi
·         Information Technology Infrastructure adalah fasilitas fisik, komponen IT, pelayanan IT, dan manajemen IT yang mendukung kegiatan organisasi

Keunggulan kompetitif adalah keuntungan yang didapatkan diatas para pesaing dalam pengukuran biaya, kualitas, dan kecepatan memimpin kendali atas pangsa pasar dan memperoleh lebih banyak keuntungan daripada keuntungan rata-rata

3 strategi dalam keunggulan kompetitif
·         Cost Leadership adlaah memproduksi barang atau jasa dengan harga yang paling rendah dalam industry tersebut
·         Differentiation adalah menawarkan produk, jasa, dan fitur barang yang berbeda
·         Innovation adalah memperkenalkan produk dan jasa baru, menambahkan fitur pada barang atau jasa yang telah ada atau mengembangkan cara baru untuk memproduksinya

Business Pressure adalah lingkungan bisnis yang merupakan kombinasi dari faktor sosial, hokum, ekonomi, fisik, dan politik yang dapat mempengaruhi aktivitas bisnis.

3 macam business pressure :
·         Market pressure : ekonomi global dan kompetisi yang kuat, perubahan dalam angkatan kerja, dan konsumen yang kuat
·         Technology pressure : inovasi dan keusangan teknologi dan kelebihan informasi
·         Social pressure : tanggung jawab sosial, peraturan dan kebebasan hukum pemerintah, perlindungan dari serangan teroris, dan masalah etika

Tipe-tipe Sistem Informasi
·         Hardware adalah perangkat seperti prosessor, monitor, keyboard, dan printer yang menerima data dan informasi, memproses, dan memperlihatkan
·         Software adalah program atau koleksi dari program yang memungkinkan hardware untuk memproses data
·         Data adalah koleksi dari beberapa file atau tabel
·         Network adalah penghubung sistem baik wireline atau wireless yang mengizinkan beberapa computer untuk membagi sumber
·         Procedures adalah instruksi tentang bagaimana menggabungkan komponen hardware software data dan network untuk memproses informasi dan menghasilkan output
·         People adalah individu yang menggunakan hardware dan software, tatap muka dengannya atau menggunakan output yang dihasilkan

Application Program adalah program computer yang mendukung tugas yang spesifik atau proses bisnis

Mengapa Sistem Informasi  sangat penting bagi organisasi dan masyarakat?
·         Karena IT mengurangi jumlah Middle Manager. IT membuat seorang manajer lebih produktif, dan meningkatkan jumlah karyawan yang dapat melaporkan ke satu manajer sehingga tidak perlu banyak mempunyai manajer
·         Karena IT akan mengubah pekerjaan Manager. Salah satu hal yang paling penting dalam tugas manajer adalah mengambil keputusan oleh karena itu IT cenderung mengurangi waktu untuk menyelesaikan tahap-tahap membuat keputusan
·         Akankah pekerjaan dapat dieliminasi? Beberapa orang percaya bahwa masyarakat menuju yang lebih tinggi dengan menggunakan IT untuk membuat pekerjaan yang baru seperti rekam medis elektronik dan nanoteknologi yang dapat menekankan angka pengangguran
·         IT  memberikan dampak pada karyawan. Seperti dampak pada kesehatan dan keselamatan karyawan dan juga menyediakan tanggung jawab bagi penyandang cacat dengan mengitegrasikan speech (berbicara), dan kemampuan pengenalan visi
·         IT menyediakan perbaikan kualitas hidup.IT dapat menyediakan bagi karyawan dengan fleksibilitas yang dapat memperbaiki kualitas waktu luangnya secara signifikan.

Porter Competitive Forces Model
·         Ancaman dari competitor baru. Kompetitor baru akan masuk ke dalam pasar akan tinggi ketika dia masuk dengan mudah dan juga rendah ketika hambatan yang secara signifikan untuk masuk ada
·         Daya tawar menawar supplier. Kekuatan supplier tinggi ketika pembeli hanya memiliki sedikit pilhan dari yang dia beli dan juga rendah ketika pembeli memiliki banyak pilihan dari dia yang beli
·         Daya tawar menawar pembeli. Kekuatan pembeli tinggi ketika pembeli banyak memilih produk yang dia inginkan dan juga rendah ketika pembeli sedikit memilih produk yang dia inginkan
·         Ancaman dari barang pengganti. Jika ada banyak barang pengganti dari organisasi maka ancamannya tinggi dan juga rendah ketika ada sedikit barang pengganti dari organisasi
·         Ancaman dari pesaing yang telah ada dalam industry yang sama. Ancaman dari pesaing tinggi ketika adanya kompetisi yang intens diantara banyak perusahaan di industry dan juga rendah ketika kompetisi diantara sedikit perusahaan tidak intens.

Komputer Hirarki (terbesar sampai terkecil)
·         Supercomputer adalah computer dengan ketersediaan processing power yang besar yang biasanya digunakan pada penelitian atau bersifat sains serta militer untuk mengakses data yang lebih besar
·         Mainframe adalah computer yang relative besar yang digunakan untuk perusahaan untuk aplikasi berbasis komputasi ekstensif yang bisa diakses oleh ribuan user
·         Workstation adalah computer yang berukuran desktop besar yang dapat menjalankan komputasi secara intensif dalam bidang sains, teknik, dan aplikasi keuangan
·         Mikrokomputer adalah computer terkecil dan kategori termahal yang biasa disebut micros, personal computer atau PCs
·         Mikrokontroller adalah sebuah chip computer tertanam yang biasanya biayanya sedikit dan bekerja di aplikasi yang kurang menuntut daripada microprocessor

CPU (Central Processor Unit) adalah hardware yang melakukan pekerjaan computer secara terpusat didalam setiap computer

Cara kerja CPU
·         Input terdiri dari data dan petunjuk singkat tentang apa yang harus dilakukan dengan data. Instruksi tersebut datang dari software di bagian lain dari computer. Data masuk dari user melalui keyboard contohnya membaca dari file data di bagian lain dari computer. Inputnya disimpan dalam register sampai dikirim ke tahap selanjutnya di dalam processing
·         Data dan instruksi mengalir di dalam chip melalui jalur listrik yang disebut busses yang menentukan berapa banyak informasi mengalir setiap waktu
·         Control unit mengarahkan aliran data dan instruksi beserta chipnya
·         Arithmetic Logic Unit (ALU) menerima data dan instruksi dari register dan membuat komputasi yang diinginkan. Data dan instruksi tersebut diterjemahkan oleh binary form. CPU dapat memproses hanya binary data
·         Data pada bentuk aslinya dan instruksi dikirim ke penyimpanan register dan kemudian dikirim kembali ke tempat penyimpanan diluar chip seperti computer hard drive. Sedangkan, data ditransformasikan ke register lainnya dan kemudian pada bagian lain dari computer.

Hirarki kapasitas memori
·         Kilobyte : 1000 bytes
·         Megabyte : 1 juta bytes
·         Gigabyte : 1 milyar bytes
·         Terabyte : 1 trililiun bytes
·         Petabyte : 1000 terabyte
·         Exabyte : 1000 petabyte
·         Zettabyte : 1000 exabyte

Perbedaan Sistem Software dan Application Software
·         Sistem Software adalah software yang mengatur sumber hardware di sistem computer yang fungsinya diantara hardware dan application software. Sistem software terdiri dari Sistem control programs (multitasking, multithreading, multiprocessing) dan sistem support programs
·         Application Software adalah software yang memungkinkan pengguna atau user untuk melakukan pekerjaan spesifik dan aktivitas proses informasi. Application software terdiri dari spreadsheets (Microsoft excel), word processing (Microsoft word), Desktop publishing (Microsoft Publisher), Data Management (Microsoft Access), Presentation (Microsoft PowerPoint), Graphics (Adobe PhotoShop), dan lain-lain

Fungsi dari Sistem Operasi adalah untuk mengelola sumber daya computer seperti jadwal dan aplikasi yang berjalan, mengelola dan melindungi memori, mengelola fungsi input dan output seta hardware, mengelola data dan file, dan lain-lain

Perbedaan HTML (Hypertext Markup Language) dan XML (Extensible Markup Language)
·       HTML  (Hypertext Markup Language) adalah standar dari bahasa pemrograman yang digunakan oleh Web untuk membuat dan mengenali dokumen hypertext
·         XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk meningkatkan fungsi dari web dokumen dengan menyediakan lebih fleksibel dan beradaptasi dalam mengidentifikasi data

Perbedaan Multitasking, multithreading, dan multiprocessing
·         Multitasking adalah sistem yang mengelola dua atau lebih tugas atau program, menjalankan secara bersama-sama dalam sistem computer (satu CPU)
·         Multithreading adalah sumber dari multitasking yang menjalankan banyak tugas dalam satu aplikasi
·         Multiprocessing adalah pengolahan lebih dari satu program secara serentak dari tugas mereka ke prosessor yang berbeda (Multiple CPUs)

3 segmen melibatkan Supply Chain

·         Upstream = manager Supply Chain memilih supplier untuk mengirimkan barang dan jasa kebutuhan perusahaan untuk memproduksi produk mereka. Kemudian manager mengembangkan proses harga, pengiriman, dan pembayaran antara supplier dan perusahaan.
·         Internal = manager Supply Chain menjadwalkan aktivitas untuk produksi, testing, pengemasan, dan menyiapkan barang yang siap dikirimkan. Manager Supply Chain juga memonitoring (memantau) quality levels, produksi output, dan produktivitas pekerja
·         Downstream = manager Supply Chain mengkoordinasikan penerimaan order dari customer, mengembangkan jaringan warehouse, memilih operator untuk mengirimkan produk ke customer, dan mengembangkan sistem faktur untuk menerima pembayaran dari customer

Pengertian Supply Chain Management (SCM) beserta tujuan
·         Supply Chain Management (SCM)  adalah seperangkat pendekatan fungsi perencanaan, pengorganisasian, serta pengoptimaslisasian  proses aliran material, informasi, pelayanan, dan uang dari supplier, manufaktur, warehouse, retailer, hingga customer sedemikian rupa hingga barang dagangan dapat diproduksi dan disalurkan didalam kuantitas yang tepat ke tempat yang benar pada waktu yang tepat dengan tujuan untuk meminimalkan biaya saat tingkat servis yang memuaskan dibutuhkan.
·         Tujuannya dalah untuk mengurangi gesekan sepanjang supply chain yang melibatkan waktu, biaya, dan persediaan serta penurunan kepuasaan customer dan juga mengurangi ketidakpastian dan resiko dengan menurunkan inventory levels dan cycle time dan meningkatkan business process dan pelayanan customer

Permasalahan yang terjadi di dalam Supply Chain Management (SCM)
·         Rendahnya Kualitas pelayanan customer
·         Rendahnya kualitas produk
·         Tingginya biaya inventory
·         Kehilangan pendapatan/keuntungan
·         Teknologi Baru

5 kategori dari ancaman Sistem Informasi
·         Tindakan yang tidak disengaja (Unintentional Acts) terdiri dari Human errors, penyimpangan dalam kualitas layanan oleh penyedia layanan, dan bahaya lingkungan. Pada human errors yang biasa sering terjadi seperti karyawan yang masuk area yang khusus atau area yang karyawan tidak boleh masuk sehingga dapat mengakses, menyimpan, memodifikasi, serta menyebarkan informasi ke pihak luar atau pihak yang tidak terkait. Kemudian pada penyimpangan dalam kualitas layanan oleh penyedia layanan merupakan situasi dimana barang atau jasa tidak dikirimkan ke perusahaan seperti yang diharapkan. Serta bahaya lingkungan seperti kotoran, debu, dan kelembaban yang mengganggu keamanan operasi peralatan computer
·         Bencana Alam (Natural Disaster) terdiri dari banjir, gempa bumi, tornado, petir yang dapat menyebabkan hilangnya sistem dan data
·         Kegagalan Teknis (Technical Failures) terdiri dari masalah hardware yang rusak dari drive hard disk serta masalah software yang error yang biasanya disebut bugs
·         Kegagalan Pengelolaan (Management Failures) melibatkan kurangnya dana untuk upaya keamanan informasi dan kurangnya minat dalam upaya-upaya
·         Tindakan disengaja (Deliberate Acts) seperti pelanggaran, pemerasan informasi, sabotase atau vandalisme, pencurian peralatan atau informasi, pencurian identitas, dan software attack

Perbedaan Virus, Worm, dan Trojan Horse
·         Virus adalah segmen kode computer yang melakukan tindakan kejahatan dengan menempelkan pada program computer lain
·         Worm adalah segmen kode computer yang melakukan tindakan berbahaya dengan mereplikasi, mengembangkan dan menyebarkan ke satu computer
·         Trojan Horse adalah program software yang menyembunyikan di program computer lain dan memperlihatkan rancangannya ketika mereka diaktifkan

Pengertian Transaction Processing System (TPS), Functional Area Information System (FAIS), dan Enterprise Resource Planning (ERP)
·         Transaction Processing System (TPS) adalah proses memonitor, mengoleksi, menyimpan, dan memproses data yang dihasilkan dari seluruh aktivitas bisnis
·         Functional Area Information System (FAIS) adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi ke manager di area fungsional dalam rangka mendukung tugas-tugas manajerial dari planning, organizing, and controlling operations
·         Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang mengambil pandangan proses bisnis dari organisasi secara keseluruhan untuk mengintegrasikan perencanaan, manajemen, dan penggunaan semua sumber daya organisasi, menggunakan platform software yang umum dan database

Pengertian Customer Relationship Management (CRM) beserta komponennya
·         Customer Relationship Management (CRM) adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk berinteraksi, memperkenalkan diri, dan mempertahankan customer mereka. Komponennya adalah customer-facing application dan customer-touching application
·         Customer-facing application adalah wilayah dimana customer dapat berinteraksi dengan perusahaan melibatkan customer service dan support, sales force automation, marketing, dan campaign management
·         Customer-touching application adalah teknologi dengan mana customer berinteraksi dan menolong customer itu sendiri melibatkan pencarian dan perbandingan kemampuan, teknis dan informasi dan layanan lainnya

Perbandingan Cross Selling, Up Selling, dan Bundling
·         Cross Selling adalah praktek pemasaran produk-produk terkait tambahan kepada pelanggan berdasarkan pembelian sebelumnya. Contohnya  (www.amazon.com)
·         Up Selling adalah strategi pemasaran dimana orang bisnis akan menyediakan tanggung jawab customer utnuk membeli barang atau jasa bernilai tinggi daripada barang atau jasa awalnya. Contohnya, membeli TV dengan 1080i High Defintion dengan non HD TV
·         Bundling adalah bentuk cross selling dimana orang bisnis menjual kelompok barang atau jasa secara bersama-sama dengan harga yang rendah daripada menggabungkan masing-masing barang atau jasa. Contohnya membeli kabel yang sudah termasuk basic cable TV, broadband internet access, dan local telephone




Tidak ada komentar:

Posting Komentar