Mengapa
manager sangat penting di dalam organisasi?
·
Organisasi membutuhkan keahlian managerial dan
kemampuan dalam tidak menentu, complex, dan waktu yang kacau balau
·
Manager berpikir kritis untuk membawa hal lebih
baik di dalam organisasi
·
Manager mengkontribusi ke karyawannya dalam hal
produktivitas dan loyalitas
Empat fungsi
dari Management
·
Planning adalah
mengatur goals, membangun strategi, dan mengembangkan rencana untuk
mengkoordinasi aktivitas
·
Organizing
adalah menentukan apa kebutuhan telah terpenuhi, bagaimana cara
memenuhinya, dan siapa yang melakukannya
·
Leading adalah
Memotivasi, memimpin, dan tindakan lainnya yang melibatkan berurusan dengan
orang banyak
·
Controlling
adalah memantau aktivitas untuk memasukan rencana sesuai dengan yang
diharapkan
Mintzberg’s
Managerial Roles
·
Interpersonal
Roles adalah seseorang yang melibatkan banyak orang dan tugas lainnya secara
ceremonial dan simbolik seperti figurehead, leader, dan liaison
·
Informational
Roles adalah seseorang yang melibatkan mengoleksi, menerima, dan
menyebarkan informasi seperti monitor, disseminator, dan spokesperson
·
Decisional
Roles adalah seseorang yang membuat keputusan seperti entrepreneur,
disturbance handler, resource allocator, dan negotiator
Katz’s
Managerial Skills
·
Technical
Skills (Lower-Level Managers) pekerja khusus mengenai pengetahuan dan
teknik
·
Human
Skills (Middle Managers) kemampuan untuk bekerja sama dengan orang banyak
·
Conceptual
Skills (Top Managers) kemampuan untuk berpikir dan mengekspresikan ide-ide
8 tahap
membuat keputusan
·
Identifikasi Masalah
·
Identifikasi criteria keputusan
·
Beratnya criteria tersebut
·
Mengembangkan alternative
·
Menganalisa alternative
·
Memilih alternative
·
Mengimplementasi alternative
·
Mengevaluasi efektivitas dari keputusan tersebut
Tujuan
adanya Planning
·
Memberikan arahan
·
Mengurangi ketidakpastian
·
Meminimalkan penggandaan planning
·
Menetapkan tujuan atau standard yang digunakan
dalam controlling
Pengertian
Strategic Management dan mengapa itu penting
Strategic Management adalah sebuah
strategi dimana manajer harus mengembangkan strategi pada organisasinya dan
strategi merupakan sebuah rencana bagaimana organisasi akan melakukan apapun
untuk bisnisnya, bagaimana bersaing secara sukses, dan bagaimana strategi
tersebut dapat menarik dan memuaskan costumer untuk meraih tujuan organisasi
Strategic Management itu penting karena
dapat membuat perbedaan dalam bagaimana organisasi melakukan, membantu manager
mengatasi situasi yang terus berubah, dan membantu mengkoordinasikan dan focus upaya
karyawan pada apa yang sangat penting dalam organisasi tersebut
6 Proses
Strategic Management
·
Identifikasi current mission, tujuan, dan
strategi
·
Melakukan analisis eksternal
·
Melakukan internal analisis (eksternal dan
internal dapat digabung yang disebut SWOT Analysis)
·
Memformulasikan strategi
·
Mengimplementasikan strategi
·
Mengevaluasi strategi
6 Elemen
dari Organizational Design
·
Work
Specialization membagi aktivitas pekerjaan ke tugas pekerjaan secara
terpisah
·
Departmentalization
membagi aktivitas pekerjaan ke tiap-tiap departemen
·
Chain of
Command garis membentang kewenangan dari tingkat atas organisasi ke tingkat
terendah organisasi
·
Span of
Control banyaknya karyawan dan manager yang dapat mengelola secara efektif
dan efisien
·
Centralization-Decentralization
sebuah keputusan secara structural tentang siapa yang membuat keputusan
·
Formalization
memperhatikan penggunaan organisasi dari standard an aturan ketat untuk
menyediakan konsisten dan control
Pengertian
Traditional Organization Design
·
Traditional
Organization Design adalah gabungan struktur simple yang satu dengan low departmentalization,
lebarnya span of control, otorisasi centralized pada satu orang, dan sedikit
formalization
3 pentingnya
Human Resource Management process dan faktor eksternal
·
HRM bisa menjadi sumber signifikan keunggulan
kompetitif
·
HRM penting dalam bagian dari strategi
organisasi
·
Cara organisasi memperlakukan karyawannya dapat ditemukan
dampak kinerja organisasi secara signifikan
·
Faktor eksternal yang biasa ditemukan dalam
proses HRM adalah ekonomi, tenaga kerja, lingkungan, dan kecerundungan secara
demografis
Pengertian
group dan tahap-tahap pengembangan group
·
Group
adalah seorang yang terdiri dari dua atau lebih dalam berinteraksi dan individu
yang saling bergantung satu sama lain yang datan secara bersama-sama untuk
mencapai tujuan.
·
Tahap
pengembangan group ada dua tahap yaitu bergabung dengan grup dan menentukan
tujuan, struktur, dan leadership dari grup.
Pengertian
komunikasi dan fungsi dari komunikasi
·
Komunikasi
adalah cara untuk mentransferkan informasi ke end user dan end user
mengerti arti dari informasi tersebut.
·
Fungsi
Komunikasi adalah untuk mengontrol kebiasaan karyawan, memotivasi karyawan,
menyediakan ekspresi emosional dari perasaan dan pemenuhan dari kebutuhan
sosial, serta menyediakan informasi
Bagaimana
komunikasi dapat mengalir secara efektif didalam organisasi
·
Komunikasi didalam organisasi dapat mengalir
secara kebawah, keatas, lateral, dan diagonal. Manager harus mengelola selentingan
sebagai jaringan informasi yang penting. Konsekuensi yang negative dari rumor
dapat meminimalisasikan komunikasi secara terbuka dan jujur dengan karyawan.
Pengertian
Motivasi
·
Motivasi
adalah proses dimana upaya seseorang itu bersemangat, diarahkan secara
berkelanjutan menuju pencapaian tujuan
(Teori
Motivasi) Maslow’s hierarchy
·
Physiological
Needs seseorang membutuhkan makan, minum, dan kebutuhan fisik lainnya
·
Safety
Needs seseorang membutuhkan keamanan dan perlindungan dari gangguan fisik
dan mental
·
Social
Needs seseorang membutuhkan kasih saying, rasa saling memiliki, penerimaan,
dan persahabatan
·
Esteem
Needs seseorang membutukan faktor internal esteem seperti respek diri,
autonomi, dan pencapaian sedangkan eksternalnya seperti status, perhatian
·
Self-Actualization
Needs seseorang membutuhkan untuk tumbuh, mencapai tujuan yang potensial,
dan pemenuhan diri
(Teori
Motivasi) Teori X dan Y
·
Teori X yaitu
manager percaya bahwa seorang yang tidak menyukai pekerjaan atau tidak akan
mencari tanggung jawab sehingga mereka telah terancam dan dipaksa untuk bekerja
·
Teori Y yaitu
manager mengasumsikan bahwa orang yang menyukai pekerjaan dan akan mencari
tanggung jawab sehingga mereka akan melatih motivasi diri dan arahan diri
(Teori
Motivasi) Herzberg’s Theory
·
Teori Herzberg mengusulkan bahwa faktor intrinsic
yang berhubungan dengan kepuasan pekerjaan akan memotivasi orang. Faktor extrinsic
yang berhubungan dengan ketidakkepuasan pekerjaan akan membuat orang menjadi
tidak puas
Perbedaan
leader dan leadership
·
Leader adalah
seseorang yang dapat mempengaruhi orang dan yang mempunyai otoritas manajerial.
·
Leadership
adalah proses untuk memimpin sebuah kelompok dan mempengaruhi kelompok untuk
mencapai tujuan. Manager harus menjadi leader karena merupakan salah satu dari
empat fungsi management
3 teori
leadership
·
Model
Fielder mencoba untuk mendefinisikan leadership sebagai best style dalam
situasi sekarang ini. Dia mengukur tiga dimensi kontingen dalam leadership
yaitu leader-member relations, task structure, dan position power yang dapat
dilakukan di saat situasi yang baik maupun situasi yang buruk
·
Hersey
and Blanchard’s Situations mengidentifikasi empat leadership styles yaitu
telling, selling, participating, dan delegating serta mendefinisikan empat
tahap dalam kesiapan sebagai leadership yaitu tidak mampu dan tidak bersedia
(telling), tidak mampu tapi bersedia (selling), mampu tapi tidak bersedia
(participating), serta mampu dan bersedia (delegating)
·
The
path-goal model mengidentifikasi empat kebiasaan leadership yaotu
directive, supportive, participative, dan achievement-oriented. Asumsikan bahwa
seorang pemimpin dapat dan harus menggunakan style ini sehingga dapat
menyediakan arahan dan pendukung yang dia butuhkan demi tercapainya tujuan
Mengapa
controlling itu penting?
·
Salah satu jalan untuk mengetahui jika tujuan
tidak terpenuhi
·
Penyedia informasi dan feedback sehingga manager
merasa nyaman memberikan power kepada karyawannya
·
Membantu perlindungan organisasi beserta asset berharganya
3 tahap
control process
·
Measuring
memutuskan bagaimana untuk mengukur kinerja dan apa yang harus diukur dari
kinerja tersebut
·
Comparing
melihat variasi antara kinerja sekarang dengan tujuan organisasi
·
Taking
action dapat melibatkan doing nothing (tidak mengerjakan apa-apa), mengoreksi
kinerja sekarang, atau revisi
Cara untuk
mengukur kinerja perusahaan
·
Produktivitas
yaitu output dari barang atau jasa yang diproduksi dibagi oleh kebutuhan input
yang menghasilkan output
·
Efektivitas
yaitu mengukur bagaimana tujuan organisasi sesuai dan bagaiman tujuan itu
tidak dapat tercapai
·
Industri
dan perusahaan ranking yang dikomplikasikan oleh publikasi bisnis yang
berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar