Senin, 11 November 2013

UTS Pengantar Manajemen dan Bisnis (2012)

Mengapa manager sangat penting di dalam organisasi?
·         Organisasi membutuhkan keahlian managerial dan kemampuan dalam tidak menentu, complex, dan waktu yang kacau balau
·         Manager berpikir kritis untuk membawa hal lebih baik di dalam organisasi
·         Manager mengkontribusi ke karyawannya dalam hal produktivitas dan loyalitas

Empat fungsi dari Management
·         Planning adalah mengatur goals, membangun strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasi aktivitas
·         Organizing adalah menentukan apa kebutuhan telah terpenuhi, bagaimana cara memenuhinya, dan siapa yang melakukannya
·         Leading adalah Memotivasi, memimpin, dan tindakan lainnya yang melibatkan berurusan dengan orang banyak
·         Controlling adalah memantau aktivitas untuk memasukan rencana sesuai dengan yang diharapkan

Mintzberg’s Managerial Roles
·         Interpersonal Roles adalah seseorang yang melibatkan banyak orang dan tugas lainnya secara ceremonial dan simbolik seperti figurehead, leader, dan liaison
·         Informational Roles adalah seseorang yang melibatkan mengoleksi, menerima, dan menyebarkan informasi seperti monitor, disseminator, dan spokesperson
·         Decisional Roles adalah seseorang yang membuat keputusan seperti entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, dan negotiator

Katz’s Managerial Skills
·         Technical Skills (Lower-Level Managers) pekerja khusus mengenai pengetahuan dan teknik
·         Human Skills (Middle Managers) kemampuan untuk bekerja sama dengan orang banyak
·         Conceptual Skills (Top Managers) kemampuan untuk berpikir dan mengekspresikan ide-ide

8 tahap membuat keputusan
·         Identifikasi Masalah
·         Identifikasi criteria keputusan
·         Beratnya criteria tersebut
·         Mengembangkan alternative
·         Menganalisa alternative
·         Memilih alternative
·         Mengimplementasi alternative
·         Mengevaluasi efektivitas dari keputusan tersebut

Tujuan adanya Planning
·         Memberikan arahan
·         Mengurangi ketidakpastian
·         Meminimalkan penggandaan planning
·         Menetapkan tujuan atau standard yang digunakan dalam controlling

Pengertian Strategic Management dan mengapa itu penting
Strategic Management adalah sebuah strategi dimana manajer harus mengembangkan strategi pada organisasinya dan strategi merupakan sebuah rencana bagaimana organisasi akan melakukan apapun untuk bisnisnya, bagaimana bersaing secara sukses, dan bagaimana strategi tersebut dapat menarik dan memuaskan costumer untuk meraih tujuan organisasi
Strategic Management itu penting karena dapat membuat perbedaan dalam bagaimana organisasi melakukan, membantu manager mengatasi situasi yang terus berubah, dan membantu mengkoordinasikan dan focus upaya karyawan pada apa yang sangat penting dalam organisasi tersebut

6 Proses Strategic Management
·         Identifikasi current mission, tujuan, dan strategi
·         Melakukan analisis eksternal
·         Melakukan internal analisis (eksternal dan internal dapat digabung yang disebut SWOT Analysis)
·         Memformulasikan strategi
·         Mengimplementasikan strategi
·         Mengevaluasi strategi

6 Elemen dari Organizational Design
·         Work Specialization membagi aktivitas pekerjaan ke tugas pekerjaan secara terpisah
·         Departmentalization membagi aktivitas pekerjaan ke tiap-tiap departemen
·         Chain of Command garis membentang kewenangan dari tingkat atas organisasi ke tingkat terendah organisasi
·         Span of Control banyaknya karyawan dan manager yang dapat mengelola secara efektif dan efisien
·         Centralization-Decentralization sebuah keputusan secara structural tentang siapa yang membuat keputusan
·         Formalization memperhatikan penggunaan organisasi dari standard an aturan ketat untuk menyediakan konsisten dan control

Pengertian Traditional Organization Design
·         Traditional Organization Design adalah gabungan struktur simple yang satu dengan low departmentalization, lebarnya span of control, otorisasi centralized pada satu orang, dan sedikit formalization

3 pentingnya Human Resource Management process dan faktor eksternal
·         HRM bisa menjadi sumber signifikan keunggulan kompetitif
·         HRM penting dalam bagian dari strategi organisasi
·         Cara organisasi memperlakukan karyawannya dapat ditemukan dampak kinerja organisasi secara signifikan
·         Faktor eksternal yang biasa ditemukan dalam proses HRM adalah ekonomi, tenaga kerja, lingkungan, dan kecerundungan secara demografis

Pengertian group dan tahap-tahap pengembangan group
·         Group adalah seorang yang terdiri dari dua atau lebih dalam berinteraksi dan individu yang saling bergantung satu sama lain yang datan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan.
·         Tahap pengembangan group ada dua tahap yaitu bergabung dengan grup dan menentukan tujuan, struktur, dan leadership dari grup.

Pengertian komunikasi dan fungsi dari komunikasi
·         Komunikasi adalah cara untuk mentransferkan informasi ke end user dan end user mengerti arti dari informasi tersebut.
·         Fungsi Komunikasi adalah untuk mengontrol kebiasaan karyawan, memotivasi karyawan, menyediakan ekspresi emosional dari perasaan dan pemenuhan dari kebutuhan sosial, serta menyediakan informasi

Bagaimana komunikasi dapat mengalir secara efektif didalam organisasi
·         Komunikasi didalam organisasi dapat mengalir secara kebawah, keatas, lateral, dan diagonal. Manager harus mengelola selentingan sebagai jaringan informasi yang penting. Konsekuensi yang negative dari rumor dapat meminimalisasikan komunikasi secara terbuka dan jujur dengan karyawan.

Pengertian Motivasi
·         Motivasi adalah proses dimana upaya seseorang itu bersemangat, diarahkan secara berkelanjutan menuju pencapaian tujuan

(Teori Motivasi) Maslow’s hierarchy

·         Physiological Needs seseorang membutuhkan makan, minum, dan kebutuhan fisik lainnya
·         Safety Needs seseorang membutuhkan keamanan dan perlindungan dari gangguan fisik dan mental
·         Social Needs seseorang membutuhkan kasih saying, rasa saling memiliki, penerimaan, dan persahabatan
·         Esteem Needs seseorang membutukan faktor internal esteem seperti respek diri, autonomi, dan pencapaian sedangkan eksternalnya seperti status, perhatian
·         Self-Actualization Needs seseorang membutuhkan untuk tumbuh, mencapai tujuan yang potensial, dan pemenuhan diri

(Teori Motivasi) Teori X dan Y
·         Teori X yaitu manager percaya bahwa seorang yang tidak menyukai pekerjaan atau tidak akan mencari tanggung jawab sehingga mereka telah terancam dan dipaksa untuk bekerja
·         Teori Y yaitu manager mengasumsikan bahwa orang yang menyukai pekerjaan dan akan mencari tanggung jawab sehingga mereka akan melatih motivasi diri dan arahan diri

(Teori Motivasi) Herzberg’s Theory
·         Teori Herzberg mengusulkan bahwa faktor intrinsic yang berhubungan dengan kepuasan pekerjaan akan memotivasi orang. Faktor extrinsic yang berhubungan dengan ketidakkepuasan pekerjaan akan membuat orang menjadi tidak puas

Perbedaan leader dan leadership
·         Leader adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang dan yang mempunyai otoritas manajerial.
·         Leadership adalah proses untuk memimpin sebuah kelompok dan mempengaruhi kelompok untuk mencapai tujuan. Manager harus menjadi leader karena merupakan salah satu dari empat fungsi management

3 teori leadership
·         Model Fielder mencoba untuk mendefinisikan leadership sebagai best style dalam situasi sekarang ini. Dia mengukur tiga dimensi kontingen dalam leadership yaitu leader-member relations, task structure, dan position power yang dapat dilakukan di saat situasi yang baik maupun situasi yang buruk
·         Hersey and Blanchard’s Situations mengidentifikasi empat leadership styles yaitu telling, selling, participating, dan delegating serta mendefinisikan empat tahap dalam kesiapan sebagai leadership yaitu tidak mampu dan tidak bersedia (telling), tidak mampu tapi bersedia (selling), mampu tapi tidak bersedia (participating), serta mampu dan bersedia (delegating)
·         The path-goal model mengidentifikasi empat kebiasaan leadership yaotu directive, supportive, participative, dan achievement-oriented. Asumsikan bahwa seorang pemimpin dapat dan harus menggunakan style ini sehingga dapat menyediakan arahan dan pendukung yang dia butuhkan demi tercapainya tujuan

Mengapa controlling itu penting?
·         Salah satu jalan untuk mengetahui jika tujuan tidak terpenuhi
·         Penyedia informasi dan feedback sehingga manager merasa nyaman memberikan power kepada karyawannya
·         Membantu perlindungan organisasi beserta asset berharganya

3 tahap control process
·         Measuring memutuskan bagaimana untuk mengukur kinerja dan apa yang harus diukur dari kinerja tersebut
·         Comparing melihat variasi antara kinerja sekarang dengan tujuan organisasi
·         Taking action dapat melibatkan doing nothing (tidak mengerjakan apa-apa), mengoreksi kinerja sekarang, atau revisi

Cara untuk mengukur kinerja perusahaan
·         Produktivitas yaitu output dari barang atau jasa yang diproduksi dibagi oleh kebutuhan input yang menghasilkan output
·         Efektivitas yaitu mengukur bagaimana tujuan organisasi sesuai dan bagaiman tujuan itu tidak dapat tercapai

·         Industri dan perusahaan ranking yang dikomplikasikan oleh publikasi bisnis yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar